Tips Belajar IELTS untuk Pemula agar Sukses dalam Ujian

338

Kursus Ielts Bandung – Test IELTS merupakan ujian internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini terdiri dari empat bagian, yaitu Speaking, Reading, Listening, dan Writing, dengan setiap bagian memiliki skor yang terpisah. Untuk lulus tes IELTS, nilai rata-rata yang dibutuhkan adalah 6.0. Tes IELTS lebih sulit daripada TOEFL karena melibatkan banyak soal yang harus dikerjakan, mengharuskan kecermatan dalam mengikuti petunjuk, dan waktu yang terbatas.

Nah melalui artikel ini, kami akan mencoba memberikan beberapa tips buat kamu yang akan mengikuti tes ujian IELTS untuk meningkatkan peluang keberhasilan kamu dalam menyelesaikan ujian.

 

Ikuti Tips Berikut agar Sukses dalam Ujian IELTS

Bagi pemula yang belum memiliki kemampuan yang memadai untuk ikut tes IELTS, tidak ada salahnya untuk mencoba tes IELTS ini. dengan tekun dan niat yang kuat, pastinya kamu akan lebih mudah untuk meraih hasil yang terbaik. Berikut kami merangkum beberapa tips belajar IELTS bagi pemula yang cukup mudah untuk dapat diterapkan.

 

Susun Jadwal dengan Tertib

Pada tahap awal, hal yang penting dan perlu untuk kamu lakukan adalah menyusun jadwal belajar yang sesuai dengan target yang harus dicapai dalam mengikuti tes IELTS. Berdasarkan data yang dirangkum dari IELTS ETC, untuk meningkatkan skor sebesar 0,5 hingga 1,0 butuh waktu belajar kurang lebih selama 3 bulan dengan kondisi berikut.

  1. Belajar secara intensif selama 25 jam seminggu
  2. Menggunakan materi pembelajaran terkini secara intensif
  3. Melakukan tugas-tugas rumah selama 2 jam setiap hari
  4. Berbicara bahasa Inggris dengan teman sekelas selama kegiatan belajar dan ekstrakurikuler
  5. Berinteraksi dengan keluarga menggunakan bahasa Inggris setiap hari

Setelah mengetahui kondisi tersebut, kamu dapat menyusun jadwal belajar yang memfokuskan pada masing masing IELTS selama 2 sampai 3 bulan. Misalnya, pada minggu pertama kamu bisa fokus pada latihan soal listening, pada minggu kedua latihan soal reading, dan pada minggu ketiga mengenai soal latihan writing dan memasuki minggu keempat kamu bisa latihan speaking. Kemudian memasuki minggu kelima kamu bisa melakukan simulasi tes IELTS yang mengoreksi hasil kerja sendiri dengan waktu yang berlanjut agar semakin terbiasa.

 

Terapkan Teknik Belajar yang Tepat

Lebih baik belajar secara teratur dibandingkan belajar secara acak. Uraikan berbagai aspek IELTS yang berdasarkan dengan pemahaman kamu, seperti dimulai dari Listening, Reading, Writing, hingga Speaking. Pada tahapan akhirnya kamu mengeksekusi dari keseluruhannya.

 

Gunakan contoh soal IELTS terbaru untuk latihan yang sesuai

Listening – Pastikan kamu telah menjawab pertanyaan yang didengar dan fokus pada petunjuk yang telah diberikan.

Reading – Terapkan teknik scanning dan skimming untuk membaca teks yang berisi jawaban untuk pertanyaan pertanyaan.

Writing – Pelajari kosa kata, struktur kalimat dan hindari dalam penggunaan kata kata singkat.

Speaking – Melatih kemampuan speaking dengan berbicara di depan cermin, mengikuti dialog dialog dalam film, menyanyikan lagi dalam bahasa inggris atau mungkin membaca buku bahasa inggris dengan suara yang hingga terdengar.

Baca juga Tips Mudah dan Aman Memperoleh Sertifikat IELTS

Pilih Sumber Belajar yang Tepat

Ada banyak sumber belajar yang efektif yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dan belajar untuk persiapan tes IELTS, seperti mencari contoh soal di internet, buku IELTS hingga video pembelajaran yang banyak tersedia di youtube.

Dengan mempelajari materi belajar terbaru pastinya kamu akan bisa jadi lebih mudah untuk dapat menghadapi tes IELTS. Hal yang paling penting di sini, kamu benar benar harus konsisten dalam belajar sebab untuk dapat mengantongi sertifikat IELTS, kamu dituntut untuk benar benar sudah mahir dalam bahasa inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here