Tips Belajar Vocabulary untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

404

Les Bahasa Inggris di Bandung – Dalam berbahasa inggris, Vocabulary memiliki peranan yang sangat penting. Pasalnya, ada banyak kata yang diucapkan dalam bahasa inggris memiliki arti yang sama namun dengan ekspresi yang berbeda. Bahkan ada beberapa kata yang dibedakan jenisnya apakah itu formal atau hanya perbincangan kasual saja. Belajar mengenai Vocabulary ini kan membantu kita mamu mengucapkan kata yang tidak berulang ulang dan terasa monoton.

 

Tips Belajar Vocabulary

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar jadi pantai berbahasa inggris, termasuk juga cara menambah wawasan tentang belajar Vocabulary. Nah bagaimana caranya.? Simak selengkapnya sebagai berikut

 

Perbanyak Membaca

Memperbanyak membaca menjadi suatu hal yang sangat mudah dilakukan untuk belajar, termasuk juga belajar berbahasa inggris. Maka sudah tidak ada alasan lagi untuk anda malas membaca, apalagi ketika anda sedang berada di rumah dan tidak memiliki kesibukkan. Cobalah untuk mencari buku atau artikel yang ditulis dengan menggunakan bahasa inggris. Apabila anda menemukan kata yang sulit untuk diartikan maka jangan lupa untuk membuka kamus untuk mendukung  efektifitas belajar.

Lakukan hal ini secara rutin yang setidaknya anda menghabiskan 2 atau 3 buku dalam satu bulan, agar tingkat kefasihan anda dalam berbahasa inggris mudah untuk dicapai.

 

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Selain dapat mengasah kemampuan listening, mendengarkan lagu dalam bahasa inggris juga dapat mengasah dan meningkatkan kapasitas vocabulary dalam ingatan. Rata rata lagu dalam bahasa inggris menggunakan kalimat atau kosa kata yang tidak umum. Dengan begitu anda memperoleh peluang yang lebih besar untuk belajar mengasah kemampuan vocabulary bahasa inggris anda.

 

Berteman Baik dengan Thesaurus dan Kamus

Selain kamus, Thesaurus bisa menjadi pendamping belajar berbahasa inggris yang akan sangat membantu. Dengan Thesaurus anda akan lebih mudah menemukan kosakata yang mengandung arti yang sama. Dengan begini, anda akan lebih mudah untuk memperluas kemampuan anda dalam vocabulary.

Apabila anda menemukan kosa kata baru yang belum pernah anda pelajari maka jangan ragu untuk membuka kamus dan mencari arti dari kata tersebut. Cobalah untuk mencari kamus dengan versi yang lengkap, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi online yang dapat diakses secara gratis sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan modal.

 

Buat Kamus Sendiri

Setiap orang memiliki cara dan proses belajar yang berbeda beda, maka dengan membuat kamus dengan versi anda sendiri akan cukup membantu anda dalam belajar dengan cara anda sendiri. Cobalah untuk mengumpulkan sejumlah kata atau kalimat yang familiar dengan lingkungan anda yang kemudian kemas ke dalam buku untuk dipelajari dalam bentuk bahasa inggris.

Buatlah target per harinya untuk mengumpulkan vocabulary bahasa Inggris setiap harinya. Meskipun terdengar sebagai metode pembelajaran yang awam, namun anda akan terkejut dengan hasilnya nanti.

Baca juga 8 Kata dalam Bahasa Inggris Dengan Penyebutan Mirip tapi Arti Berbeda

Mencari Lawan Berbicara

Mendapatkan timbal balik dari lawan bicara akan sangat membantu untuk mengasah kemampuan Vocabulary anda dalam belajar berbahasa inggris. Selain dapat mengasah kemampuan listening anda, ini juga akan sangat membantu untuk mencari kota kata baru untuk dipelajari.

Anda dapat menemukan tempat belajar berbicara bahasa inggris melalui forum atau komunitas yang tersebar di internet, sehingga anda tidak perlu repot repot keluar rumah mencari turis atau orang asing untuk berbicara.

 

Bermain Game

Bermain game juga bisa menjadi cara yang mampu memperkaya vocabulary bahasa Inggris. Cobalah untuk mencari tipe game yang mengharuskan anda untuk menjawab atau menentukan pilihan dalam bahasa inggris. Hal ini akan membuat anda bekerja keras untuk mencari jawaban yang tepat. 

Nah itulah beberapa tips belajar vocabulary untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here