Tips Efektif untuk Mempercepat Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

206

Kampung Inggris – Meskipun sebagai pemula, belajar bahasa inggris bisa jadi lebih mudah dan cepat jika metode pembelajaran yang diterapkan sudah  benar. Dari beberapa hal sederhana bisa menjadi metode belajar yang efektif dan menyenangkan. Nah melalui artikel kali ini, kita akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara belajar efektif dan cepat bagi seorang pemula.

 

Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Ada beberapa cara sederhana dan terlihat  sepele namun memiliki dampak yang efektif dalam mengajarkan bahasa inggris. Seperti apa caranya? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Menyelami Musik Bahasa Inggris secara Aktif

Salah satu cara mudah dan efektif untuk mempercepat pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Meskipun terlihat sederhana, tips ini memiliki dampak yang signifikan dalam menguasai bahasa tersebut. Terutama jika kamu memiliki kecenderungan belajar secara audio visual, metode ini sangat cocok untuk kamu.

Saat mendengarkan musik berbahasa Inggris, disarankan untuk melihat teks liriknya. Mengapa? Melalui teks yang terlihat, kamu dapat belajar pelafalan dan pengucapan bahasa Inggris yang benar. Metode ini merupakan cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, dan dijamin tidak membosankan. Siapa yang menyangka bahwa hanya dengan mendengarkan musik, kamu bisa menguasai salah satu cabang bahasa dan sastra ini.

 

Menonton Film Berbahasa Inggris secara Rutin

Tips lain yang seru dan menyenangkan untuk mempercepat pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan sering menonton film berbahasa Inggris. Ketika menonton film dari luar negeri, disarankan untuk menggunakan subtitle agar lebih memahami kontennya. 

Paling tidak, dalam film terdapat banyak kosakata baru yang akan berulang ulang. Pengulangan ini akan membantu kamu menjadi lebih familiar dengan pengucapan kata-kata dan penulisan bahasa Inggris.

Tips mudah ini juga merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh mereka yang ingin mahir berbahasa asing. Ketika belajar bahasa Inggris secara teoritis, terkadang lebih sulit untuk mempelajari pelafalan atau pengucapan yang tepat. Namun, dengan menonton film dan mendengar musik, kita dapat mengetahui pelafalan yang benar.

 

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Salah satu cara efektif dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan membaca buku novel dalam bahasa Inggris, misalnya novel yang berasal dari luar negeri. Saat membaca, kamu tidak hanya belajar bahasa tulisan yang disampaikan oleh penulisnya, tetapi juga akan menemukan banyak kosakata baru.

Di sini, kamu akan ditantang untuk menggunakan kamus. Karena dapat dipastikan bahwa kamu akan menemukan banyak kosakata asing. Jika perlu, catat setiap kosakata asing dan terjemahannya di dalam buku. Dengan tekun melakukannya, secara alami kamu akan mahir dengan sendirinya.

 

Mencatat Kosakata Baru

Tips mudah berikutnya adalah dengan mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Setelah membaca, mendengarkan musik, atau menonton film berbahasa Inggris, luangkan waktu untuk mencatat kosakata baru yang belum kamu pahami. Hafalkan kosakata dan artinya. Pastikan hanya mencatat kosakata yang masih belum kamu ketahui. Jika ada kosakata yang sudah familiar atau kamu sudah mengerti, tidak perlu mencatatnya lagi.

Baca juga Mengenal dan Menggunakan Causal Conjunction dalam Kalimat

Mencoba Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah menguasai pelafalan bahasa Inggris melalui menonton film dan mendengarkan musik, serta memperbanyak kosakata, langkah berikutnya adalah mencoba menulis menggunakan kalimat bahasa Inggris. 

Tulislah kalimat-kalimat sederhana dan mudah menggunakan bahasa Inggris. Metode ini juga akan membantu kamu menjadi lebih akrab dan terbiasa dengan bahasa Inggris. Jangan ragu untuk mencoba dan mempraktekkannya sendiri.

 

Berlatih Berbicara Bahasa Inggris

Selain mencoba menulis, kamu juga dapat melatih berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika merasa malu atau kurang percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris dengan orang lain, kamu bisa melatih diri sendiri dengan berbicara di depan cermin. Setidaknya, metode ini akan membantu kamu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan lebih mahir.

Nah itulah beberapa cara sederhana namun memiliki manfaat yang efektif dalam belajar bahasa inggris, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here