Tips Lancar Bahasa Inggris dan Percaya Diri

280

Kampung Inggris Bandung – Pengen lanjut pendidikan ke luar negeri.? Atau pengen mendapatkan karir yang bagus.? Kedua hal tersebut bisa kamu peroleh dengan mengantongi skil bahasa inggris yang baik. Pasalnya, bahasa inggris menjadi syarat pertama yang harus kamu penuhi ketika ingin go internasional.

Ternyata, ada banyak problem yang membuat orang mengalami kesulitan dalam berbahasa inggris dengan baik dan benar, salah satunya adalah karena tidak percaya diri.

Banyak orang yang terkadang sudah mampu berbahasa inggris namun merasa grogi ketika harus mempraktikkannya, sehingga membuat mereka merasa kesulitan dalam mengucapkannya. Nah agar kamu tidak mengalami hal ini, kami punya tips lancar bahasa inggris dan percaya diri. Pengen tau seperti apa tips dari kami.? Ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Tips Lancar Bahasa Inggris dan Percaya Diri

Percaya diri menjadi satu hal dasar yang memang harus kamu miliki ketika kamu ingin tampil sukses di depan publik dengan menggunakan bahasa inggris. Nah agar kamu bisa tampil percaya diri dan lancar ketika berbahasa inggris, simak tips berikut.

 

1. Berpikir Dalam Bahasa Inggris

Sebelum kamu mengucapkan kata dalam bahasa inggris, pastinya otak kamu akan lebih dulu memikirkan apa yang akan kamu ucapkan. Daripada kamu mencoba berpikir menerjemahkan bahasa indonesia ke bahasa inggris, sebaiknya cobalah secara langsung untuk berpikir dalam bahasa inggris. 

Gunakanlah kosa kata yang ada sambil sesekali mencarinya di internet. Secara perlahan namun pasti kamu akan terbiasa berpikir dan berbicara dalam bahasa inggris.

 

2. Berakting Sendirian

Ketika kamu mendengarkan musik atau menonton film dalam bahasa inggris, cobalah untuk sesekali menirukan apa yang kamu dengarkan tersebut. dengan begitu, secara perlahan kemampuan listening kamu akan terus terasah sehingga secara perlahan kemampuanmu dalam menguasai bahasa inggris akan jadi lebih baik.

 

3. Berbicara Dengan Diri Sendiri Di Cermin

Meskipun cara ini terdengar konyol, namun dengan berbicara pada diri sendiri di cermin akan membantu meningkatkan rasa percaya diri kamu dalam berbicara menggunakan bahasa inggris. Bayangan kamu yang ada di cermin ini seolah olah akan menjadi pendengar kamu ketika mengucapkan atau bicara bahasa inggris nanti. Jika kamu tidak percaya diri untuk bicara sendiri di cermin, bagaimana nanti jika di depan publik.?

 

4. Fokus Pada Kelancaran Bicara Dulu, Jangan Khawatir Soal Tata Bahasa

Ketika kamu mengasah kemampuan kamu dalam berbicara menggunakan bahasa inggris, sebaiknya fokuslah lebih dulu terhadap kelancaran bicara kamu lebih dulu. Jangan khawatir masalah tata bahasa, karena tata bahasa ini akan dengan sendirinya nanti akan tertata rapi ketika kamu sudah memiliki dasar berbahasa inggri yang baik yaitu lancar mengucapkannya.

Baca juga Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris di Rumah dengan Anak

5. Belajar Pengucapan Kata-Kata Sulit 

Dalam belajar bahasa inggris, sebaiknya mulailah dari belajar mengucapkan kata kata yang sulit untuk diucapkan. Umumnya, akan terasa lebih mudah bagi kamu mengucapkan bahasa inggris ketika kamu berhasil mengucapkan kata kata yang sulit. Beda halnya ketika kamu menguasai kata kata yang mudah dulu, dimana akan terasa lebih sulit ketika kamu mulai belajar mengucapkan kata kata yang sulit.

Ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang cenderung panjang dan sulit diucapkan. Kumpulkan kata-kata ini dan berlatihlah mengucapkannya dengan bertahap. Buatlah target untuk memahami 2-3 kata per hari. Gunakan Google untuk mendengarkan bagaimana kata itu harus diucapkan baik sendirian atau dalam kalimat dan ucapkan minimal 1 kata 10 kali. Ulangi lagi setiap hari selama seminggu maka kata itu akan melekat selamanya dalam ingatanmu. 

Nah itulah beberapa tips dalam belajar lancar dan percaya diri dalam berbicara menggunakan bahasa inggris. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here