Tips Lolos Program YSEALI Ke Amrika 2018-2019 (Beasiswa Short Course)

0
599
www.myeo.info

Bagi kamu yang belum terlalu mengetahui apa itu YSEALI, kali ini kita akan memberikan tips supaya lolos program YSEALI. YSEALI merupakan singkatan dari Young Southeast Asian Leaders Initiative Program, yaitu sebuah program yang pertama kali dibentuk pada tahun 2013 dan diinisasikan oleh President Amerika Serikat, Barrack Obama. Salah satu tujuan dalam program ini untuk menguatkan hubungan antara Amerika Serikat dan komunitas negara ASEAN dalam bidang lingkungan, sumber daya alam, ekonomi, wirausaha dan juga hubungan kewarganegaraan. Dan salah satu program YSEALI, yaitu YSEALI Academic Fellows Program, pada program ini peserta akan diberikan kesempatan untuk mengikuti kuliah secara intensif pada salah satu universitas atau perguruan tinggi di USA selama lima minggu.

Jadi, perlu adanya strategi supaya bisa diterima dan menjadi wakil dari negara kebanggaan kita yaitu Indonesia. Seorang teman kita yang bernama Janu Muhhammad telah menjadi kandidat YSEALI Academic Fellowship Program on Civic Engagement tahun 2016 dari Sleman, Yogyakarta, Indonesia akan memberikan tips dan trik diterima program YSEALI yang merujuk dari laman Indonesia mengglobal berikut ini.

1. Temukan motivasi dan alasan kenapa kamu ingin mengikuti program YSEALI

Menempatkan tujuan pribadi atau personal kedalam motivasi dan alasan contohnya seperti menginginkan travelling atau mendapatkan hal-hal baru sangatlah buruk. Sudah semestinya motivasi kamu adalah sebagai pemimpin muda dan selalu berhubungan dengan sesuatu yang berguna untuk negara, masyarakat, komunitas dan juga bagaimana nantinya YSEALI akan mendukung projek yang ingin anda lakukan.

2. Isi dan berikan semua kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar YSEALI Program dan jangan lupa untuk membuat CV yang impresif atau mengesankan.

Fokuslah pada passion yang ingin kamu lakukan dan jangan lupa sertakan data pendukungnya, contohnya mau apply pada Civic Engagement Program maka data pendukungnya harus berupa kegiatan sosial, NGOs, sukarelawan dan program yang serupa. Hal lain yang harus kamu ingat adalah jangan sampai aplikasi kamu tidak lengkap jika memang berminat ingin dipertimbangkan.

3. Jujurlah dalam personal statement yang kamu buat

Supaya lebih mudah maka kamu harusmengetahui dengan baik apa visi misi utama dari program YSEALI. Janu juga mengingatkan untuk selalu fokus, jujur dan spesfik saat menjawab pertanyaan yang ada.

4. Cari surat rekomendasi yang kuat untuk mendukung aplikasi kamu

Carilah dosen atau mentor yang mengerti kepribadian kamu dan organisasi/kegiatan yang kamu lakukan. Selain itu pastikan mereka bisa mendukung dan memberikan solusi bagi masalah yang anda hadapi. Penting juga kamu ketahui bahwa surat rekomendasi dari keluarga atau teman sangat tidak disarankan untuk mendukung aplikasi kamu.

5. Siapkan diri kamu untuk mengikuti seleksi wawancara

Apabila kamu sudah dinyatakan sebagai salah satu kandidat artinya kamu sudah sedikit lagi mencapai garis finish dan tujuan kamu. Namun, masih ada satu langkah lagi untuk mencapai hal tersebut. Kamu harus mengikuti seleksi wawancara melalui Skype. Oleh karena itu persiapkan diri, kuasai serta pahami dengan baik aplikasi, personal statement dan juga project yang ingin kamu lakukan.

Semoga tips diterima program YSEALI dari Muhammad Janu dapat menginspirasi kamu untuk menjadi wakil Indonesia pada YSEALI program selanjutnya. Sebagai tambahan informasi, bahwa saat ini program YSEALI Academic Fellows Program tengah membuka kesempatan bagi anda pemuda-pemudi Indonesia yang berumur 18 s/d 25 tahun untuk turut mendaftar. Pastikan kamu mendaftar sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silahkan mencari info mengenai pendaftaran YSEALI.

 

Source: indbeasiswa.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here