Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Pre-School

479
Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Pre-School
Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Pre-School

Bukan hanya orang dewasa saja, para orangtua juga kini banyak yang mulai mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak mereka. Tak terkecuali pada anak usia pre-school. Jika kamu memiliki anak, maupun keponakan usia pre-school, dan ingin mereka bisa mahir berbahasa Inggris. Maka kamu bisa mengikuti tips mengajar bahasa Inggris untuk pre-school berikut ini.

Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Pre-School

Banyak yang bilang, bahwa mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak usia pre-school jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan orang dewasa. Namun sebenarnya tidak demikian.

Karena jika kamu melakukan sejumlah tips berikut ini, maka bukan tak mungkin, anak-anak pre-school akan cepat mahir berbahasa Inggris, dibandingkan dengan orang dewasa.

Apa saja tips yang harus dilakukan dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak usia pre-school ini? Kamu bisa simak beberapa diantaranya di bawah ini:

1.Biasakan untuk Melakukan Percakapan dalam Bahasa Inggris

Tips pertama yang harus kamu lakukan dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak pre-school yaitu dengan membiasakan diri untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Meskipun mungkin awalnya mereka tidak paham. Namun kamu bisa melakukannya dengan menggunakan isyarat berupa gerakan tangan.

Misalnya menyebut “sleep’ sambil merapatkan kedua tangan, yang diletakkan di samping kepala, yang memiliki makna “tidur”. Contoh lainnya yaitu menyebut “eat” dengan memberikan isyarat dengan tangan digerakkan seolah sedang memegang sendok atau garpu, dan diarahkan ke mulut, yang memiliki arti “makan”, dan beberapa contoh lainnya.

2. Mengajarkan Bahasa Inggris Melalui Lagu

Selain tips diatas, tips mengajar bahasa Inggris untuk anak pre-school yaitu dengan menggunakan lagu. Untuk Mengenal Metode Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu ini, kamu bisa memulainya dengan menyanyikan beberapa lagu anak-anak yang berbahasa Inggris.

Dengan demikian, anak-anak pre-school akan mudah mengingatnya. Ada baiknya lagi, pada saat kamu menyanyikan lagu bahasa Inggris tersebut. Kamu juga memberikan isyarat mengenai arti/makna dari kata-kata yang ada dalam lagu tersebut.

Misalnya jika dalam lagu tersebut ada kalimat “my hair was black, and my eyes was blue”. Maka kamu bisa menyanyikan lagu tersebut seraya menunjukkan pada rambutmu dan juga benda lainnya yang berwarna hitam, yang memiliki makna bahwa “rambut saya berwarna hitam”.

Begitu juga dengan lirik lainnya, yang memiliki makna “my eyes was blue’, yang memiliki makna bahwa “mata saya berwarna biru”. Maka kamu bisa menunjuk ke matamu, yang diteruskan dengan menunjuk benda lainnya yang berwarna biru.

3. Menambahkan 1 Kosakata Secara Rutin

Selain kedua tips diatas, tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak pre-school yaitu dengan menambahkan 1 kosakata baru secara rutin. Kamu tidak perlu melakukannya setiap hari.

Karena memang kemampuan anak-anak pre-school berbeda dengan anak-anak dengan SD maupun anak-anak yang usianya lebih besar dari anak-anak tersebut. Dengan demikian, jumlah kosakata yang diberikan juga jangan terlalu banyak. Agar mereka bisa mengingatnya dengan mudah.

4. Bacakan Buku Cerita Berbahasa Inggris

Pada umumnya, anak-anak pre-school sangat senang jika dibacakan sebuah cerita. Untuk memperkaya kosakata (vocabolary) mereka, maka kamu bisa membacakan buku cerita yang menggunakan bahasa Inggris.

Kamu bisa membacakan buku cerita tersebut secara rutin, sehingga mereka bisa dengan mudah mengingat semua kata-kata yang ada dalam cerita tersebut. Dengan demikian, mereka akan lebih mudah dalam memahami setiap arti dari setiap kosakata yang mereka dengar dari buku cerita yang kamu bacakan tersebut.

5. Lakukan Permainan Berbahasa Inggris

Selain bernyanyi dan mendengarkan cerita, anak-anak pre-school juga umumnya akan senang jika diajak melakukan sejumlah permainan. Maka tips mengajar bahasa Inggris untuk anak pre-school selanjutnya yaitu melalui permainan.

Kamu bisa mengajak mereka melakukan permainan seraya mengajak mereka menghapal warna-warna, alfabet, nama buah, nama hewan, atau hal-hal lainnya dalam bahasa Inggris, yang bisa memperkaya kosakata mereka.

6. Mengajak Mereka Menonton Video Bahasa Inggris

Meskipun mungkin penggunaan gadget bukanlah hal yang baik untuk anak-anak pre-school. Namun jika digunakan untuk hal yang positif, dan tidak diberikan secara rutin, maka hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah.

Khususnya jika diberikan dengan tujuan untuk membuat anak-anak pre-school tersebut bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Kamu bisa memberikan gadget pada mereka, agar mereka bisa menonton video bahasa Inggris yang memang dibuat khusus untuk anak-anak.

Ada beberapa aplikasi anak-anak yang memang sengaja menampilkan video khusus bagi anak, yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris secara cepat dan mudah.

Itu dia sejumlah tips mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak pre-school yang bisa kamu lakukan, agar anak-anak/keponakanmu yang memasuki usia pre-school bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Namun satu hal yang perlu diingat, karena mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak ini berbeda dengan mengajar bahasa Inggris untuk orang dewasa. Maka selain melakukan sejumlah tips diatas, kamu juga harus selalu bersabar dalam mengajari mereka.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here