Tips Mengatasi Ketakutan Berbicara Dalam Bahasa Inggris di Depan Publik

540

Kursus Ielts Bandung – Banyak orang yang terkadang pandai dalam menulis menggunakan bahasa inggris namun tidak berani berbicara menggunakan bahasa inggris di hadapan publik. Ketakutan ini tentu saja akan menghambat kemajuan kamu dalam belajar dan menguasai bahasa inggris.

Biar hal ini tidak menjadi hambatan bagi kamu untuk menjadi orang yang pandai dalam berbicara menggunakan bahasa inggris, berikut kami akan memberikan beberapa tips dalam mengatasi ketakutan ketika berbicara dengan menggunakan bahasa inggris di hadapan publik.

 

Menerima Ketidaksempurnaan

Pertama tama, terimalah jika membuat kesalahan menjadi bagian yang alami terjadi ketika belajar bahasa inggris. Sebaiknya, jangan terlalu keras pada diri sendiri, ketika melakukan kesalahan. Ingatlah, jika kesalahan merupakan bagian dari proses pembelajaran dan merupakan peluang untuk tumbuh dan meningkatkan keterampilan kamu.

 

Mulailah dengan Percakapan Sederhana

Untuk melatih kemampuanmu dalam berbicara menggunakan bahasa inggris, kamu bisa melatih diri kamu dengan memulai percakapan yang sederhana. Cobalah untuk berdialog dengan teman, keluarga atau orang terdekat lainnya yang bisa membuat  kamu merasa lebih nyaman dalam belajar.

Ketika kamu menyadari jika kemampuan kamu sudah mulai meningkat, cobalah untuk tampil di depan orang publik. Lakukanlah secara bertahap, karena semuanya butuh waktu dan proses yang baik.

 

Berlatih dengan Berbagai Sumber Audio

Mendengarkan dan meniru penutur asli bahasa Inggris sangat membantu dalam meningkatkan pelafalan dan kefasihan Anda. Dengarkan podcast, lagu, atau materi audio dalam bahasa Inggris secara teratur. Cobalah meniru intonasi dan vokal yang Anda dengar. Melalui latihan ini, Anda akan lebih nyaman mengucapkan kata-kata bahasa Inggris.

 

Berpartisipasi dalam Kelas Bahasa Inggris

Bergabunglah dengan kelas bahasa Inggris di area lokal Anda, baik secara fisik maupun online. Kelas ini memberikan kesempatan untuk berlatih berbicara dalam lingkungan yang terstruktur dan mendukung. Anda juga dapat berinteraksi dengan teman sekelas yang memiliki tujuan belajar yang sama.

 

Perluas Kosakata 

Rasa kurang percaya diri dalam berbicara seringkali disebabkan oleh terbatasnya kosakata. Maka dengan memperluas kosakata kamu dengan aktif membaca dan mendengarkan materi bahasa Inggris. Tuliskan kata-kata baru dan gunakan dalam percakapan sehari-hari. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai maka akan semakin percaya diri dalam berbicara.

 

Gunakan Metode Role Play

Lakukan latihan role play dengan teman atau rekan belajar. Berpura-pura menjadi situasi atau karakter yang berbeda dan berbicara dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu kamu untuk terbiasa dengan berbagai situasi percakapan dan meningkatkan kefasihan berbicara.

 

Jangan Takut Bertanya

Jangan ragu untuk bertanya ketika kamu tidak mengerti sesuatu atau membutuhkan klarifikasi. Mengajukan pertanyaan adalah bagian penting dari proses pembelajaran. Temukan sumber daya yang dapat membantu, seperti misalnya buku pelajaran, kamus, atau bahkan teman yang lebih mahir berbahasa Inggris. Dengan memperoleh pemahaman yang lebih baik, kamu akan merasa lebih percaya diri saat berbicara bahasa Inggris.

Baca juga Tips dan Langkah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif Secara Mandiri

Berlatih Berbicara Secara Rutin

Latihan berbicara secara teratur sangat penting untuk mengatasi rasa takut berbicara dalam bahasa Inggris. Buatlah jadwal khusus untuk berlatih berbicara setiap hari atau minggu. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan memodelkan percakapan atau mencari mitra bahasa untuk berbicara langsung atau melalui panggilan video. Semakin sering kamu berlatih maka akan semakin nyaman kamu dalam menggunakan bahasa Inggris.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi ketakutan kamu ketika berbicara di depan publik dengan menggunakan bahasa inggris. Hal yang sangat penting untuk kamu ingat dalam hal ini adalah, kesalahan sudah menjadi hal alami, semakin banyak kamu melakukan kesalahan maka akan semakin banyak pelajaran yang bisa kamu petik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here