Tips Menghadapi Tes TOEFL

380

Kursus Toefl Bandung – Salah satu syarat untuk kuliah atau bekerja di luar negeri akan membutuhkan sertifikat bahasa inggris yaitu IELTS atau TOEFL. TOEFL sendiri menjadi tolak ukur kemampuanmu dalam berbahasa inggris. Tes TOEFL wajib untuk kamu ikuti ketika kamu akan menetap di negara negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya.

Sudah bukan rahasia lagi apabila tingkat kesulitan tes tersebut cukup tinggi, apalagi negara yang akan kamu tuju memiliki persyaratan yang lebih tinggi. Bagi kamu yang mungkin saat ini sedang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tes TOEFL, kami punya beberapa tips untuk mempermudah tes kamu. Seperti apa tipsnya.? Ikuti terus artikel ini sampai selesai,

 

Tips Menghadapi Tes TOEFL Agar Lebih Mudah

Tingkat kesulitan dalam mengikuti tes TOEFL memang tidak dapat dianggap remeh, terlebih bagi kamu yang kesehariannya menggunakan bahasa indonesia, tentunya hal ini bisa bikin kamu menguras pikiran. Nah agar tes TOEFL tidak terasa terlalu berat di pikiran kamu ketika mengikuti tes, berikut beberapa tis yang mungkin akan cukup membantu kamu dalam menyelesaikan tes.

 

1. Latihan dan Latihan

Tidak dapat dipungkiri jika semakin banyak kamu berlatih maka akan semakin tinggi nilai yang akan kamu dapatkan. Salah satu trik ampuh untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa inggris adalah  dengan membuat rencana pembelajaran yang baik dan menerapkan kedisiplinan terhadap diri kamu.

Jangan malas untuk melatih diri kamu secara terus menerus dan jika perlu ulangi semua apa yang telah kamu pelajari selama ini. Dengan begitu, kamu akan jadi terbiasa dengan dengan materi belajar bahasa inggris sehingga tes akan jadi lebih ringan.

 

2. Jangan Terburu-buru

Jika kamu merasa belum siap dan memiliki waktu yang cukup, sebaiknya jangan terburu buru mengambil tes TOEFL. Latih diri kamu kembali dengan materi materi yang telah kamu dapatkan sebagai tumpuan untuk belajar.

Dengan demikian kamu akan dapat memperoleh skor yang lebih tinggi. Tetapi jangan lupa, pergunakan waktu luang tersebut untuk benar benar belajar agar pembelajaran bahasa Inggrismu lebih maksimal.

 

3. Carilah Guru atau Teman Belajar

Agar hasil belajarmu bisa jadi lebih maksima, sebaiknya cobalah untuk mencari teman yang bisa kamu ajak untuk belajar. Akan lebih baik jika teman yang kamu pilih merupakan orang yang sudah mahir dalam berbahasa inggris.

Perkembangan belajar kamu akan jadi lebih pesat terutama dalam hal speaking dan writing. Cobalah untuk meminta bantuan mereka yang sudah fasih berbahasa inggris untuk mengoreksi hasil tulisan atau ucapan kamu. Jangan ragu untuk mengajak mereka berdialog dalam bahasa inggris. Karena dengan mendapatkan timbal balik bicara akan menambah banyak wawasan kamu mengenai bahasa inggris.

 

4. Baca Petunjuk Dengan Seksama

Ketika kamu mengikuti tes TOEFL, jangan malas untuk membaca petunjuk pada lembar soal dengan seksama. Jika kamu mengerjakan cukup banyak latihan mungkin kamu merasa tidak memerlukannya, karena umumnya hampir sama dengan saat latihan. Tetapi tidak ada salahnya untuk membacanya terlepas dari berapa banyak latihan yang kamu lakukan, karena mungkin saja ada sedikit perbedaan yang tidak kamu sadari.

Baca juga Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

5. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Salah satu yang membuat banyak orang melakukan kesalahan dalam mengikuti tes TOEFL adalah karena terburu buru dalam mengerjakannya  atau terlalu lama terjebak pada satu soal yang sulit. Maka dari itu, ketika kamu menemukan soal yang menurut kamu terlalu sulit, maka cobalahlah untuk beralih ke soal yang lain dengan yang lebih mudah kamu selesaikan.

Kamu dapat menyelesaikan soal yang sulit di sisa waktu setelah kamu menyelesaikan soal yang mudah. Dengan begini waktu selama mengikuti tes tidak akan terbuang sia sia.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika mengikuti tes TOEFL. Selamat mencoba dan semoga dapat memudahkan kamu dalam menyelesaikan tesnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here