Tips Menguasai Reading Comprehension

299

Les Bahasa Inggris di Bandung – Bagi kamu yang berprofesi sebagai penulis atau editor, membaca sudah menjadi satu kegiatan yang selalu dilakukan setiap harinya. Dalam membaca, Reading Comprehension menjadi satu hal yang penting untuk dapat kamu kuasai. Apa itu Reading Comprehension.? Bagaimana cara menguasainya.? Simak selengkapnya sebagai berikut

 

Apa Itu Reading Comprehension.?

Ketika kamu membaca sebuah teks atau artikel di internet, pastinya kamu pernah mendapati sebuah tulisan yang sulit untuk kamu pahami. Apalagi teks tersebut dalam bahasa inggris, pastinya ada tingkat kesulitan tertentu untuk dapat memahami tulisan tersebut secara menyeluruh. 

Sementara, memahami tujuan dari tulisan menjadi satu hal yang penting bagi kamu sebagai pembaca, agar dapat menyerap informasi yang memang penting dalam karya tulis tersebut.

Skil memahami apa yang sedang kamu baca itulah yang dimaksud dengan Reading Comprehension. Dengan skil Reading Comprehension ini, kamu akan dengan mudah menyera informasi dan tujuan yang disuguhkan dalam suatu karya tulis.

 

Tips Menguasai Reading Comprehension

Memiliki skil Reading Comprehension ini sudah menjadi syarat wajib bagi kamu yang memiliki profesi yang menyangkut dengan media tulisan, seperti misalnya reporter, aditing, writer, dan lain lain. Dengan kemampuan Reading Comprehension yang baik, kamu akan lebih mudah merangkum tulisan yang berasal dari berbagai narasumber menjadi satu karya tulis dalam bahasa inggris yang berkualitas. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan atau menguasai skil Reading Comprehension yang baik.

 

Baca, Baca, dan Baca

Satu hal penting yang perlu kamu lakukan jika ingin menguasai Reading Comprehension adalah dengan memperbanyak teks bahasa inggris. Dengan memperbanyak membaca berbagai bentuk teks akan sangat membantu kamu dalam melatih atau membantu kamu menguasai Reading Comprehension.

Selain akan membuat kamu terbiasa dengan tulisan dalam bentuk bahasa inggris, hal ini juga akan meningkatan kemampuan menulis kamu dalam menggunakan bahasa inggris.

Kamu dapat memulai kebiasaan membaca kamu dengan menggunakan metode belajar yang sekiranya nyaman buat kamu seperti misalnya membaca novel, berita, artikel, atau karya tulis lainnya dalam bentuk bahasa inggris.

 

Perkaya Kosakata Bahasa Inggris

Tidak dapat dipungkiri, memperkaya kosa kata menjadi satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam memahami bahasa inggris, baik itu di bidang writing, listening, dan lain lain.

Semakin kaya akan kosa kata yang kamu pahami, maka akan semakin mudah buat kamu dalam menguasai berbagai hal dalam bahasa inggris, termasuk juga dengan meningkatkan skil Reading Comprehension kamu.

 

Pahami Grammar Dasar

Sudah menjadi PR besar buat kamu yang ingin mempelajari tenses yang banyak itu, dan  bisa jadi itu malah akan membuat kamu malas untuk melanjutkan mengasah kemampuan Reading Comprehension kamu.

Namun tetap saja penting bagi kamu untuk dapat memahami grammar atau tata bahasa inggris, minimal yang paling dasar. Setidaknya kamu bisa membedakan mana kalimat yang menunjukkan past (masa lalu), present (masa sekarang), dan future (masa depan).

Dengan menguasai past, present, dan future tersebut, kamu akan lebih mudah untuk memahami waktu yang disampaikan dalam sebuah bacaan. Terutama untuk berbagai jenis bacaan yang memiliki alur cerita dan latar belakang waktu yang ada di dalamnya.

Baca juga Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris

Baca Pertanyaan Lebih Dulu

Tips selanjutnya adalah dengan baca pertanyaan terlebih dahulu ketika kamu hendak mengerjakan soal Reading Comprehension. Dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu, nantinya akan memudahkan kamu untuk dapat lebih fokus pada hal hal yang mungkin akan menjadi jawaban atas sebuah pertanyaan tersebut.

Membaca pertanyaan terlebih dahulu juga akan memberikan kamu gambaran secara garis besar mengenai isi dari teks yang akan kamu baca nantinya.

Kurang lebih itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan skill Reading Comprehension kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here