Tips Meningkatkan Percaya Diri dalam Berbahasa Inggris Tanpa Merasa Minder

322

Kursus Speaking Bandung – Sering merasa minder atau grogi ketika harus bicara bahasa inggris di depan publik? Tenang, hal tersebut sudah menjadi problem umum yang kerap dihadapi oleh semua orang yang masih dalam proses belajar bahasa inggris.

Menghindari rasa minder ketika berbicara menggunakan bahasa inggris memang bukanlah hal yang mudah, sebab proses beradaptasi tetap akan diperlukan ketika anda memang harus masuk dalam lingkungan yang menggunakan bahasa inggris seperti pendidikan, pekerjaan dan lain lain. Namun meski demikian, ada beberapa cara yang mungkin akan sangat membantu untuk menghilangkan rasa minder ketika berbahasa inggris.

 

Tips Menghilangkan Rasa Minder Ketika Bicara Bahasa Inggris

Sebenarnya, setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka kerap merasa minder ketika berbicara bahasa inggris, seperti masih kaku, belum terbiasa, dan lain lain. Maka untuk menghilangkan perasaan tersebut, perlu mencari penyebab terlebih dahulu dan barulah memilih metode penanganan yang tepatnya. Berikut kami merangkum beberapa cara yang mungkin bisa membantu anda menghadapi rasa minder ketika berbicara dalam bahasa inggris.

 

Latihan Terus Tanpa Takut Salah

Kesadaran akan keterbatasan kemampuan bahasa Inggris seringkali membuat kita enggan untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Padahal, dengan terus mencoba berbahasa Inggris, kita dapat mengetahui kesalahan yang kita buat. Mengetahui kesalahan adalah langkah awal dalam proses belajar. Jadi, jangan takut untuk salah dan terus berlatih.

Ingatlah bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa asli kita. Jadi, wajar jika kita melakukan kesalahan.

 

Dengarkan Banyak Percakapan dalam Bahasa Inggris

Dengan mendengarkan banyak orang berbicara dalam bahasa Inggris, kita akan lebih mudah mengikuti dan memahaminya. Mulailah dengan menonton film dengan bahasa Inggris dan perhatikan percakapan antara para aktornya. Amati pelafalan mereka dan perhatikan penggunaan tata bahasa.

Selain itu, Anda dapat mendengarkan musik dalam bahasa Inggris atau memperhatikan orang lain yang berbicara dalam bahasa tersebut. Mendengarkan secara aktif juga akan memperkaya kosakata Anda.

 

Gunakan Bahasa Inggris Setiap Hari

Membuat bahasa Inggris menjadi kebiasaan sehari-hari sangat penting. Mengapa? Karena itu akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Semakin sering Anda menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, semakin hilang rasa takut dan semakin berani Anda berbahasa Inggris.

Mulailah menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan dengan teman sejawat. Di rumah, Anda juga dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan keluarga. 

 

Cari Pasangan untuk Berbicara

Sangat baik jika Anda memiliki pasangan untuk berlatih berbicara. Anda bisa membuat perjanjian dengan teman atau keluarga untuk berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari. Pasangan percakapan ini akan lebih efektif jika mereka memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik. Anda dapat belajar darinya sambil berlatih.

Jangan terlalu serius dalam berlatih, sebaliknya, jadikan pengalaman berlatih bahasa Inggris ini menyenangkan.

Baca juga Strategi Efektif untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris

Lakukan Tinjauan dan Evaluasi

Untuk memperoleh kemajuan yang signifikan, tentukan area di mana Anda ingin mengembangkan bahasa Inggris Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam presentasi, latihanlah menggunakan bahasa Inggris formal. Selanjutnya, tinjau kembali apakah Anda telah menunjukkan peningkatan.

Lakukan evaluasi terhadap area di mana Anda merasa perlu peningkatan. Jika Anda mengetahui kelemahan Anda, mulailah memperbaikinya. Ingat, kembali ke poin pertama, jangan takut untuk melakukan kesalahan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk pandai berbicara menggunakan bahasa inggris tanpa perlu merasa minder. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here