Tips Menjaga Motivasi dalam Belajar Bahasa Inggris

373

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan – Memotivasi diri dalam belajar bahasa inggris menjadi hal menjadi satu hal yang  dapat dikatakan cukup penting. Pasalnya, dengan motivasi yang baik kita dapat menjadi lebih bersemangat sehingga tidak akan mudah menyerah ketika mendapati kesulitan yang tinggi dalam belajar.

Sebagaimana seperti yang kita ketahui, belajar menguasai bahasa inggris bukanlah hal yang dapat dikatakan mudah. Ada banyak kesulitan yang pastinya akan dihadapi ketika belajar bahasa inggris baik itu dibidang  belajar grammar, writing, maupaun speaking. Nah agar kamu tidak muda menyerah ketika kamu belajar bahasa inggris, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk terus menjaga motivasi kamu dalam belajar.

 

Tips Menjaga Motivasi dalam Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris adalah perjalanan yang akan memerlukan ketekunan dan motivasi yang kuat. Namun tingkat kebosanan dalam belajar dapat muncul dari berbagai penyebab, salah satunya adalah tingkat kesulitan yang semakin tinggi yang berdasarkan dengan tingkat kesulitan materi yang dipelajari. Nah agar hal ini tidak terjadi kepada kamu, berikut beberapa tips ampuh menjaga motivasi dalam belajar bahasa inggris.

 

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Menetapkan tujuan belajar yang spesifik dan terukur membantu menjaga motivasi. Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam jangka pendek dan jangka panjang, seperti menguasai tata bahasa tertentu atau memperluas kosa kata.

Untuk meningkatkan semangat belajar kamu, kamu juga bisa melebih lebihkan suatu hal untuk meningkatkan semangat dan motivasi kamu dalam belajar seperti misalnya setelah berhasil menguasai bahasa inggris nanti kamu bisa memiliki pekerjaan yang baik dalam waktu singkat atau mungkin mendapatkan uang yang lebih banyak.

 

Ciptakan Lingkungan Belajar yang Mendukung

Buatlah lingkungan belajar yang memotivasi diri sendiri, misalnya dengan menciptakan area belajar yang nyaman dan menyenangkan. Kamu juga dapat menampilkan kata-kata motivasi atau gambar inspiratif di sekitar ruangan.

Cobalah untuk meminta bantuan kepada orang sekitar untuk memberi motivasi dan semangat dengan cara mendukung proses belajar yang sedang kamu terapkan. Sesekali, ajaklah mereka untuk ikut terlibat dalam proses belajar kamu.

 

Temukan Alasan yang Kuat

Identifikasi alasan di balik keinginan kamu untuk belajar bahasa Inggris. Apakah itu untuk meningkatkan peluang karir, menjelajahi budaya baru, atau berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Memiliki alasan yang kuat akan membantu kamu tetap fokus dan termotivasi.

Baca juga Tips Menyelesaikan Soal Reading Pada Tes TOEFL

Rencanakan Belajar

Buat jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Pisahkan waktu setiap hari atau minggu untuk belajar bahasa Inggris. Dengan merencanakan waktu belajar, kamu akan lebih terorganisir dan merasa lebih bertanggung jawab.

 

Variasikan Metode Pembelajaran

Cobalah berbagai metode pembelajaran, seperti menonton film atau video dalam bahasa Inggris, mendengarkan podcast, atau bergabung dengan kelompok belajar. Dengan memvariasikan metode pembelajaran, kamu dapat menjaga keberagaman dan menghindari kejenuhan.

 

Cari Rekan Belajar atau Kelompok Studi

Mencari teman atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama dengan kamu untuk belajar bersama bisa menjadi cara yang  sangat membantu untuk meningkatkan kinerja belajar kamu. Selain dari itu, belajar secara kelompok juga dapat memberikan kamu motivasi yang lebih kua.

 

Hadapi Tantangan

Jangan takut menghadapi tantangan dalam belajar bahasa Inggris. Melalui kesalahan dan kesulitan, kamu akan tumbuh dan berkembang. Tetap positif dan jangan biarkan kegagalan menghentikan semangat kamu.

 

Berikan Reward kepada Diri Sendiri

Setelah mencapai tujuan belajar atau mencapai kemajuan tertentu, berikan reward kepada diri sendiri. Ini bisa berupa hadiah kecil, seperti menonton film favorit dalam bahasa Inggris atau memanjakan diri dengan sesuatu yang kamu sukai.

Dengan menerapkan beberapa hal sederhana di atas, pastinya kamu akan lebih fokus pada tujuan dari yang ingin kamu capai. Ada motivasi yang kuat, akan sangat mempengaruhi hasil dari belajar kamu dalam menguasai bahasa inggris. Motivasi menjadi hal penting dalam belajar bahasa inggris karena tingkat kesulitan yang akan kamu hadapi cukuplah tinggi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here