Tips Menyelesaikan Soal Reading Pada Tes TOEFL

328

Les Bahasa Inggris untuk Karyawan – Dalam mengikuti tes bahasa inggris kemampuan reading akan sangat dibutuhkan, termasuk dalam tes TOEFL. Sebenarnya, reading merupakan hal yang mudah, sebab kita hanya perlu menjawab soal yang berdasarkan dengan teks bacaannya, akan tetapi yang menjadikannya jadi sulit adalah waktu dalam pengerjaan soalnya yang terbilang cukup singkat. Maka dari itu, tips mengerjakan soal reading perlu untuk diketahui.

 

Tips Saat Mengerjakan Soal Reading Tes

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, durasi waktu yang diberikan terbilang cukup singkat, sehingga untuk dapat mengerjakan soal yang berdasarkan dengan waktu yang telah disediakan, kemampuan membaca dalam bahasa inggris sangatlah dibutuhkan. Jika kamu memiliki skil membaca yang baik, maka akan sangat mudah bagi kamu menyelesaikan membaca soal hanya seperempat waktu saja, sehingga sisanya bisa kamu gunakan untuk memikirkan dan menulis jawaban kamu.

Nah untuk mengerjakan soal reading pada tes TOEFL ini, kami punya beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu saat menghadapi tes. Seperti apa tipsnya.? Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Pelajari bentuk pertanyaan yang sering muncul

Soal yang sering muncul pada tes TOEFL ini sebenarnya hanya itu itu saja dan bahkan hampir sama. Maka dari itu sebelum kamu akan mengikuti tes TOEFL, kamu terlebih dahulu harus sudah terbiasa dengan pertanyaan yang akan dikeluarkan ketika mengikuti tes untuk bagian readingnya.

 

2. Cek pertanyaan dengan seksama

Ketika mengerjakan bagian reading, sebaiknya jangan langsung membaca teks bacaanya secara menyeluruh. Sebaiknya bacalah soalnya terlebih dahulu, sebab tidak semua informasi yang ada pada bacaan akan menjadi pertanyaan dalam soal.

Sebaiknya, pahamilah dengan teliti pertanyaan dalam soal, dan jangan sampai kamu salah memahami pertanyaannya. Dengan fokus pada pertanyaan yang tersedia terlebih dahulu, kamu akan dapat menghemat waktu yang lebih banyak dalam mengerjakan soal. Setelah kamu membaca soal, maka barulah kamu fokus pada pencarian jawaban yang berada pada soal readingnya.

 

3. Manfaatkan teknik membaca skimming dan scanning

Tes TOEFL sudah terkenal sebagai tes yang memiliki bacaan bacaan yang cukup panjang, yang tentu akan membutuhkan waktu untuk dapat menyelesaikan seluruh dari pernyataan dalam radingnya. Nah agar waktu kamu tidak habis hanya untuk membaca pernyataannya, kamu bisa menggunakan trik skimming dan scanning.

Teknik skimming dan scanning ini merupakan teknik membaca cepat untuk memahami sebuah bacaan. Waktu pengerjaan soal yang terbatas akan menuntut kamu untuk dapat melakukannya dengan cepat. Maka teknik ini akan sangat dibutuhkan untuk kamu dapat menyelesaikan tes dalam waktu singkat.

 

4. Jangan terlalu fokus dengan kosakata sulit

Menemukan sebuah kosakata yang terbilang sulit sudah menjadi hal yang umum terjadi pada tes TOEFL. Nah agar waktu kamu tidak habis untuk memahami kosakata tersebut, sebaiknya untuk soal tersebut, diabaikan terlebih dahulu. Kamu bisa melanjutkannya dengan mengerjakan soal soal yang mudah saja terlebih dahulu.

Di sisa waktu yang kamu miliki nanti itulah yang bisa kamu manfaatkan untuk kembali mengerjakan soal yang sulit tadinya. Jika kamu hanya fokus pada kosakata yang sulit, pastinya soal yang seharusnya kamu mampu jawab menjadi tidak dapat terjawab, hanya karena waktu kamu sudah habis.

Baca juga Pengen Dapat Skor Tes Listening TOEFL Paling Rendah 500.? Simak Tipsnya

5. Membiasakan diri untuk latihan soal

Membiasakan diri untuk latihan soal menjadi satu persiapan yang sangat baik untuk mamu yang akan mengikuti tes TOEFL. Belajar mengerjakan soal ini akan melatih kemampuan kamu untuk bekerja lebih cepat dalam menyelesaikan tugas atau tes yang sedang kamu hadapi.

Ada banyak website atau situs yang bisa kamu akses untuk mencari contoh contoh soal yang sering digunakan dalam tes TOEFL guna menjadi materi belajar kamu sebelum akan mengikuti tes.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi soal reading pada tes TOEFL. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here