Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris di Rumah dengan Anak

279

Kursus Toefl Bandung – Sebagai orang tua, pastinya anda tau seberapa pentingnya belajar bahasa inggris di zaman sekarang ini. meskipun buah hati sudah belajar bahasa inggris di sekolah atau tempat kursus, namun peran anda sebagai orang tua juga perlu hadir dalam belajar mereka.

Keikutsertaan anda dalam belajar bahasa inggris bersama dengan anak anak akan membuat mereka lebih mudah menerima dan menyerap materi pembelajaran karena merasa ada suport dari anda selaku orang tua.

 

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris di Rumah dengan Anak

Tingkat keberhasilan belajar bersama dengan anak tidak hanya tergantung dari seberapa sering anda belajar dengan mereka, namun juga tergantung dari seberapa efektif metode belajar yang anda terapkan bersama dengan mereka, nah berikut ini ada beberapa tips belajar bahasa inggris bersama dengan anak di rumah yang perlu untuk anda terapkan bersamanya.

 

1. Rutin berbahasa Inggris

Tidak ada materi belajar yang lebih efektif dengan belajar secara rutin. Belajar secara rutin akan sangat membantu anak anda untuk dapat dengan mudah menyerap materi belajar dan memahami dengan baik apa yang sedang dipelajarinya.

Maka dari itu, untuk menciptakan belajar bahasa inggri syang baik bersama dengan anak, anda dapat memulainya dengan cara melakukan pembelajaran secara rutin. Anda tidak perlu memaksakan anakanda untuk belajar sepanjang hari. Cukup dengan belajar secara rutin akan membantu mereka lebih cepat paham dengan materi yang dipelajarinya.

Agar belajar bisa menjadi efektif, cobalah cari waktu dimana anak anda memiliki mood yang baik untuk belajar, karena jika kondisi mereka dalam keadaan yang baik akan lebih mudah membuat mereka cepat pandai.

 

2. Jadikan belajar Bahasa Inggris menjadi kegiatan menyenangkan 

Satu hal penting yang perlu anda perhatikan ketika belajar dengan anak adalah mod dari mereka. Anak yang belajar dalam kondisi senang akan lebih memudahkan mereka dalam menyerap pelajaran yang anda berikan. Sehingga ketika anda memberikan materi belajar ketika mereka senang, akan lebih mudah bagi mereka untuk menyerap apa yang anda berikan tersebut.

 

3. Jangan terpaku pada tata bahasa (grammar)

Kesalahan tata bahasa atau grammar dalam belajar bahasa inggris bersama dengan anak sudah menjadi kesalahan yang umum akan terjadi. Namun sebagai orang tua, anda tidak perlu menekankan diri untuk membuat mereka selalu memperbaiki kesalahan tersebut.

Membiarkan kesalahan kecil yang terjadi pada belajar mereka akan membuat mereka lebih berani untuk tampil atau berbicara dalam bahasa inggris yang tidak akan menghilangkan minat mereka untuk belajar.

Meskipun memperbaiki tata bahasa itu menjadi hal penting, hal ini masih dapat anda lakukan nanti setelah mereka sudah mulai paham benar dengan bahasa inggris. Kesabaran menjadi satu kunci yang harus anda pegang sebagai orang tua yang sedang belajar bersama dengan anak.

Baca juga Sederet Alasan Belajar Bahasa Inggris Itu Penting

4. Gunakan situasi sehari-hari sebagai peluang belajar hal baru

Memasukkan pembelajaran dalam kegiatan sehari hari bisa menjadi cara yang sangat asik untuk belajar bersama dengan anak anak. Agar belajar tidak terlihat terlalu kaku yang dapat membuatnya mudah merasa bosan, cobalah untuk mengajak mereka dengan cara menjadikan bahasa inggris sebagai aktivitas atau kegiatan seru sehari hari.

Anda bisa memperkenalkan kepada mereka terkait beberapa hal yang mereka senangi dalam bentuk bahasa inggris misalnya membaca dongeng bahasa inggris yang dilengkapi dengan translate, mengenal nama buah dalam bahasa inggri, mengenal nama hewan dalam bahasa inggris dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa tips belajar bahasa inggris bersama dengan anak di rumah yang mungkin bisa membantu anda untuk menciptakan belajar yang efektif bersama anak. Selamat mencoba..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here