Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

384

Kursus Toefl Bandung – Belajar bahasa inggris di bawah bimbingan ahlinya memang menjadi salah satu cara terbaik untuk dapat mahir berbahasa inggris lebih cepat. Namun meski begitu, bukan berarti belajar secara otodidak tidak bisa menjadi fasih dalam berbicara menggunakan bahasa inggris.

Keberhasilan dalam belajar bahasa inggris bukan hanya tergantung dengan siapa kamu belajar, namun juga tergantung seberapa efektif metode belajar yang kamu terapkan untuk menjadi mahir berbahasa inggris. Maka bagi kamu yang belajar bahasa inggris secara otodidak, kamu juga bisa menjadi mahir berbahasa inggris, asalkan metode pembelajaran yang kamu terapkan sudah bagus. Lantas bagaimana belajar bahasa inggris agar cepat mahir secara otodidak.? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Berikut beberapa tips mahir bahasa inggris dalam waktu singkat secara otodidak.

 

1. Buatlah Rencana Belajar yang Realistis Sebelum Memulai

Membuat rencana pembelajaran menjadi hal dasar terpenting yang perlu untuk kamu lakukan ketika hendak belajar bahasa inggris secara otodidak. Untuk memudahkan kamu dalam belajar bahasa inggris secara otodidak, cobalah untuk menggunakan metode pembelajaran S.M.A.R.T 

Specific (Spesifik)

Measurable (Dapat diukur)

Attainable (Dapat dicapai)

Relevant (Relevan)

Time-bound (Berbatas waktu)

 

2. Ciptakan Lingkungan Yang Memaksimalkan Input Dan Output Bahasa Inggris

Cobalah untuk ganti semua bahasa pada gadget kamu dengan menggunakan bahasa inggris. Dengan cara ini akan membuat kamu lebih mudah dalam belajar secara otodidak. Seperti yang kita ketahui, ponsel atau smartphone merupakan satu benda yang tidak bisa jauh dari aktivitas sehari hari, maka dengan menggunakan bahasa inggris pada ponsel kamu, secara tidak langsung, kamu akan belajar setiap kali kamu menatap layar ponsel mu.

 

3. Tidak Selalu Berarti Belajar Sendirian

Setelah kamu merasa sudah memiliki pengetahuan yang cukup dalam materi dasar, maka selanjutnya cobalah untuk melibatkan orang lain dalam belajar. Kamu bisa bergabung dengan komunitas, mencari lawan bicara atau mungkin mengikuti kelas mahir bahasa inggris. Dengan adanya timbal balik dalam berbahasa inggris akan membuat kamu nantinya lebih mudah fasih berbahasa inggris dalam waktu yang relatif lebih singkat.

 

4. Motivasi Diri Dengan Kegiatan Belajar yang Menyenangkan

Percaya diri sudah menjadi hal yang wajib untuk dapat kamu ciptakan ketika kamu belajar bahasa inggris secara otodidak. Terus beri motivasi pada diri kamu untuk tetap giat dan percayakan diri kamu bahwa kamu pasti bisa mahir bahasa inggris meski tanpa bimbingan orang ahli.

 

5. Catatlah Kemajuannya

Selalu ukur kemampuan kamu dari waktu ke waktu. Meskipun hal ini terdengar sepele, namun dengan cara ini kamu akan lebih mudah mengetahui tingkat kemampuan yang selama ini telah kamu asah. Mengenali kemampuan diri ini juga akan menjadi penyemangat buat kamu untuk terus belajar karena kamu akan menyadari akan kemajuan yang telah kamu miliki saat ini.

 

6. Ambillah Tes Kecakapan Bahasa Inggris Pada Berbagai Tahap Pembelajaran

Ketika kamu membutuhkan bukti jika kamu memang telah mengalami kemajuan dalam belajar, maka cobalah untuk mengambil tes Bahasa Inggris sepanjang perjalanan pembelajaran, baik secara daring atau daring dari lembaga penyedia tes Bahasa Inggris yang terpercaya.

Baca juga Tips Belajar Vocabulary, Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris

7. Beri Reward Pada Diri Sendiri

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri juga menjadi suatu hal yang perlu untuk kamu lakukan. Selama belajar bahasa inggris secara otodidak, tentunya kamu akan tau seberapa sulitnya perjuangan kamu untuk bisa menjadi mahir berbahasa inggris. Penghargaan atas diri sendiri bisa menjadi bentuk kepuasan atas prestasi yang telah kamu peroleh secara mandiri.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk belajar bahasa inggris secara otodidak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here