Tips Mudah Melatih Skill Listening Bahasa Inggris

286

Kursus Toefl Bandung – Dalam belajar bahasa inggris, ada beberapa hal dasar yang penting untuk kamu pelajari yaitu speaking, listening, reading dan writing. Dari keempat dasar tersebut, menurut kamu mana yang menjadi hal yang tersulit.? Jika kamu berpendapat listening adalah jawabannya, maka saat ini kamu sudah berada di tempat yang tepat, dimana pada artikel ini kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai tata cara melatih kemampuan listening bahasa inggris kamu.

Jika kamu tertarik dengan pembahasan yang satu ini, ikuti terus artikel ini sampai selesai.

 

Tips Mudah Melatih Skill Listening Bahasa Inggris

Melatih skil listening ini menjadi satu hal yang memang wajib untuk kamu lakukan. Pasalnya, skill ini akan sangat dibutuhkan ketika kamu hendak mengikuti les TOEFL. Banyak orang yang terkadang terburu buru untuk meningkatkan kemampuan listeningnya, lantaran dalam tes TOEFL kemampuan ini akan dibutuhkan. Namun perlu dan penting untuk kamu garis bawahi, jika kemampuan listening ini tidak dapat ditingkatkan dalam waktu singkat. Maka sebelum kamu memiliki rencana ingin mengikuti tes TOEFL, sebaiknya tingkatkan sejak dini kemampuan listening kamu, karena cepat atau lambat ketika kamu belajar bahasa inggris, akan sangat butuh dengan skill yang satu ini.

Umumnya, setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda beda untuk melatih kemampuan listeningnya, namun meski begitu, ada beberapa cara yang dinilai cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan listening, apa saja cara tersebut.? berikut beberapa diantaranya.

 

1. Mulai dengan mendengarkan audio pendek

Belajar sudah seperti menaiki anak tangga, yang dimana jika kamu ingin mencapai puncak, kamu harus memulai pijakan kamu pada tangga paling bawah. Nah begitu juga jika kamu ingin meningkatkan skil bahasa inggris kamu, termasuk juga dengan menguasai listening.

Dalam hal ini, kamu perlu untuk meningkatkan kemampuan listening kamu yang dimulai dari mendengar audio berdurasi pendek. Ingat, jangan terburu buru ingin meningkatkan kemampuan listening kamu, karena hal yang paling penting dalam hal ini, adalah membiasakan diri kamu dengan mendengar percakapan bahasa inggris, maka tentu ada proses dan waktu yang harus kamu lalui.

 

2. Konsisten mendengarkan audio bahasa Inggris

Konsisten dan terus belajar memang menjadi satu kunci untuk meraih keberhasilan. Maka jika kamu ingin meningkatkan kemampuan listening kamu, kamu harus sebisa mungkin membiasakan diri kamu untuk mendengarkan audio dalam bentuk bahasa inggris.

Luangkanlah waktu kamu setidaknya 15 menit setiap harinya untuk benar benar fokus latihan listening. Cepat atau lambat jika hal ini terus kamu lakukan akan meningkatkan kemampuan listening kamu secara efektif.

 

3. Menonton video Bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris

Mendengarkan dan sekaligus membaca menjadi hal yang juga akan sangat mempermudah kamu meningkatkan skill listening kamu. Sebagai pemula, pastinya kamu belum merasa familiar dengan ucapan atau kata yang terdengar di telinga kamu. Nah dengan bantuan subtitle tersebut, kamu bisa akan dengan mudah memahami setiap ucapan yang terdengar dalam bahasa inggris.

Baca juga Manfaat Menguasai Bahasa Inggris di Era Digital

4. Ikut komunitas belajar bahasa Inggris

Opsi lain yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan listening kamu adalah dengan bergabung bersama  kelompok atau komunitas belajar bahasa inggris. Di komunitas tersebut, tentunya pasti ada orang yang juga memiliki tujuan yang sama dengan kamu. Nah orang orang tersebutlah yang bisa menjadi partner belajar kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Belajar secara bersama sama akan jauh lebih efektif dibandingkan belajar sendiri karena belajar bersama dapat memberikan kamu wawasan yang lebih luas dibandingkan dengan belajar sendiri.

Itulah beberapa cara yang perlu kamu coba jika kamu ingin meningkatkan kemampuan listening kamu. Ingat, semuanya akan butuh waktu dan proses, maka jangan terburu buru untuk ingin jadi pandai dalam waktu dekat, sebab hal tersebut hanya akan merusak konsentrasi kamu selama belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here