Tips Untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggrismu!

0
318

Salah satu hal terpenting untuk mempelajari suatu bahasa adalah memperbanyak kosakata bahasa tersebut. Semakin banyak kata yang kamu tau, akan semakin jago juga kamu dalam menguasai bahasa tersebut. Nah.. kamu mau tau ga sih cara untuk memperkaya kosakata bahasa inggrismu?

Dalam artikel kali ini kita akan membahas 5 tips untuk memperkaya kosakata bahasa inggrismu! Pasti kamu penasaran, yuk kita bahas sama-sama!

  1. Gunakan sarana hiburan untuk belajar

Sering kali kita merasa terbebani untuk mempelajari sesuatu saat kita menggunakan mode suasana ‘serius belajar’. Meski hal ini tidak terjadi pada semua orang, namun apabila kamu tipe yang seperti ini alangkah lebih baik jika kamu belajar bahasa inggris dengan menggunakan media hiburan di sekitarmu.

Sebagai contoh kamu bisa membaca buku berbahasa inggris, menonton film yang menggunakan bahasa inggris, bermain game yang mampu memperkaya kosa katamu seperti scrabble, dan mendengarkan musik berbahasa inggris.

  1. Buatlah English Time versi kamu!

Sudah banyak membaca, mendengar, dan bermain namun tidak kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebuah kesalahan besar. Untuk mampu menguasai kosakata bahasa inggris, dihafalkan saja tidak cukup. Kamu harus mempraktekkannya dalam kehidupanmu sehari-hari.

Oleh karena itu, luangkanlah 10-30 menit waktumu untuk dijadikan English Time atau waktunya dirimu untuk berbicara bahasa inggris. Pastikan selama English Time itu kamu hanya berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Entah itu ketika kamu berfikir akan sesuatu, menggumamkan sesuatu, atau kamu memang sengaja membuat sebuah skenario obrolan secara khusus dengan dirimu sendiri atau orang lain. Yang jelas kamu harus pastikan diwaktu itu kamu akan berusaha full untuk menggunakan bahasa inggris.

  1. Biasakan menggunakan English subtitle

Saat kamu sedang menonton sesuatu yang menyertakan subtitle, cobalah untuk biasakan diri menggunakan English subtitle. Awalnya mungkin kamu tidak akan mengerti detail keseluruhan percakapannya, namun seiring berjalannya waktu kamu akan mulai mengerti dan terbiasa. Lalu tanpa kamu sadari, ada banyak kosa kata baru yang kamu dapatkan.

  1. Cobalah untuk membaca kamus

Kamus adalah tempat dimana kamu bisa memperkaya kosakata bahasa inggrismu. Sesekali cobalah tengok kamus di rak bukumu dan mulai baca kosakata secara acak di kamusmu. Kemudian, coba lihat apa sinonim, antonim, atau mungkin bentuk lain dari kata tersebut.

  1. Mencatat apa yang kamu hafal

Selain mencatat sesuatu untuk kamu hafalkan, coba juga sesekali mencatat kosakata apa saja yang sudah kamu hafal. Kamu bisa membaginya ke dalam kategori seperti, kosakata yang berhubungan dengan kamar, rumah, dan lain-lain. Semoga angka kosakata yang sudah kamu hafal bisa memotivasimu untuk mengetahui lebih banyak lagi.

Itu dia 5 tips untuk memperkaya kosakata bahasa inggrismu! Dari 5 cara diatas ini kamu lebih suka cara yang mana, nih? Coba komen di kolom komentar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here