Ungkapan “Jangan” Selain “Dont”  

773
Ungkapan “Jangan” Selain “Dont”
Ungkapan “Jangan” Selain “Dont”

Vocabulary “dont” biasanya digunakan untuk mengungkapkan “jangan” ataupun hal lainnya, yang dilarang. Namun ungkapan “jangan” selain “dont” dalam bahasa Inggris? Bagaimana mengungkapkan “jangan” selain “dont”?

Ungkapan “Jangan” Selain “Dont

Meskipun memang, penggunaan “dont” sudah sangat familiar sebagai larangan untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang/tidak dibolehkan. Namun ternyata selain vocabulary tersebut, ada kosakata (vocabulary) lainnya yang bisa kamu gunakan. Diantaranya:

1.Jangan Mendekat            

Bagaimana mengungkapkan “jangan” selain “dont” pada frasa “jangan mendekat”? Jika kamu biasanya menggunakan kalimat “dont close to me”, namun jika kamu ingin memulai percakapan yang tidak biasa, kamu bisa menggunakan ungkapan “jangan” selain “dont” dengan frasa “stay away”.

2. Jangan Bilang Siapa-Siapa                                 

Jika biasanya kamu mengucapkan “dont tell anyone” untuk mengatakan “jangan bilang siapa-siapa”. Nah, jika kamu ingin memulai percakapan yang berbeda dengan biasanya, maka kamu bisa memilih kalimat lain, tanpa harus menggunakan kata “dont”. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengucapkan “mum’s the word”.

3. Jangan Membuang-Buang Energi    

Seperti diketahui, kata “dont” biasanya digunakan untuk melarang seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu ataupun sesuatu yang jelas-jelas dilarang. Seperti pada kalimat “jangan membuang-buang  energi” misalnya.

Kamu mungkin saja akan menggunakan kalimat “dont waste your energy”, yang mana hal ini akan membuat lawan bicaramu mungkin akan sedikit tak nyaman dengan perkataanmu itu. Lalu bagaimana mengungkapkan “jangan” selain “dont”?

Khususnya kalimat yang menggunakan salah satu dari 4+ Contoh Kalimat Bahasa Inggris yang Sopan,? Alih-alih menggunakan kalimat tersebut, kamu bisa menggunakan ungkapan “jangan” selain “dont” seperti kalimat “save your breath” misalnya.

Dimana makna dari kalimat tersebut tak jauh berbeda dengan “dont waste your energy”, yaitu “janganlah membuang-buang energi”, namun yang diucapkan dengan kalimat yang lebih sopan.

4. Jangan Ikut Campur

Jika ditranslate ke dalam bahasa Inggris, maka kalimat “jangan ikut campur” ini akan menjadi “dont interfere”. Namun jika kamu tidak ingin menggunakan kata “dont” dalam kalimat tersebut, sementara maknanya tetap sama. Maka kamu bisa menggunakan kalimat “mind your own business”.

Bisa dibilang, kalimat tersebut terdengar cukup kasar, dan tidak layak kamu tiru. Namun kalimat tersebut diberikan sebagai contoh, bilamana ada orang yang mengatakan hal tersebut padamu, yang maknanya tak jauh berbeda dengan “dont interfere”, yang tak lain adalah “jangan ikut campur”.

5. Jangan Pergi Sekarang

Selain bisa menggunakan beberapa kosakata diatas, kamu juga bisa menggunakan vocabularyshould not” untuk mengungkapkan “jangan” dengan cara yang lebih halus. Salah satu contohnya yang bisa kamu gunakan dalam kalimat “jangan pergi sekarang”.

Dimana kalimat tersebut bisa ditranslate ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kalimat “should not” menjadi “we should not going now”. Terlihat lebih sopan, bukan?

6. Jangan Mau Diadu Domba

Jika kalimat diatas bisa diucapkan dengan menggunakan “should not”, maka bagaimana dengan kalimat “jangan diadu domba”? Mungkin kamu akan menggunakan “do not want to be pitted”, bukan? Dimana “do not” tersebut merupakan kata lain dari “dont”.

Namun bagaimana jika kita tidak ingin menggunakan vocabulary “dont” dalam kalimat tersebut? Mudah saja, kamu hanya cukup mengatakan “be sure not to be pitted”.  Dimana kalimat tersebut terkesan berbeda, namun masih memiliki makna yang sama.

Selain sejumlah kalimat diatas, kamu bisa menggunakan ungkapan “jangan” selain “dont” seperti “lets not” (jangan membiarkan), “rather than.. so you must” (dibandingkan dengan.. akan lebih baik lagi jika kamu), “never ever” (jangan pernah), dan masih banyak lagi yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here