Wajib Tahu 10 Universitas Terbaik di Inggris dari Time Higher Education (THE)

0
842
coxclark.files.wordpress.com

Impian kuliah di luar negeri adalah mimpi banyak orang. Kuliah di luar negeri dengan memilih universitas terbaik penting untuk diketahui sebelum kamu memutuskan kuliah di salah satu universitas. Jadi buat kamu yang ingin berkuliah di universitas-universitas terbaik di Inggris, sebaikanya harus melihat Times Higher Education (THE) dahulu. Times Higher Education (THE) merupakan pubilkasi tahunan untuk penerbitan Peringkat Universitas terbaik Dunia dengan peringkat baru yang terbis setiap tahun. THE adalah suplemen dari majalah TIMES yang berbasis di London, THE mempublikasikan secara berkala untuk membuat laporan khusus tentang isu-isu mengenai pendidikan tinggi.

THE menjadi pilihan sebagai patokan untuk melihat ranking universitas karena menilai dengan cukup menyeluruh, yakni: pengajaran universitas, penelitian, jumlah mahasiswa internasional, tenaga pengajar, serta rasio/perbandingan antara jumlah murid dan guru per kelas. So, universitas mana nih yang masuk TOP 10 di Inggris? Yuk kita simak 10 Universitas Terbaik di Inggris menurut THE tahun 2018.

  1. University of Glasgow

Universitas Glasgow (University of Glasgow) didirikan pada tahun 1451 di Glasgow, Skotlandia. Universitas ini terkenal karena pengajaran dan penelitian, dengan adanya reputasi internasional, sehingga menjadi salah satu universitas kuno di Skotlandia, salah satu universitas tertua ke empat di dunia dan salah satu yang terbesar Inggris. Universitas ini mendapatkan peringkat ke rangking 81 di Times World University Rangkings, dan naik di atas Universitas St. Andrews, sehingga membuatnya menjadi satu dari dua institusi Skotlandia di dalam top 100.

Lokasi utama universitas ini ada di Gilmorehill di ujung Barat Glasgow. Namun universitas ini juga memiliki bangunan-bangunan lain di kota, fasilitas di Loch Lomond dan juga bekerjasama dengan Chrochton Campus di Dumfries dengan institusi lainnya.

  1. University of Bristol

Universitas Bristol atau bisa disebut dengan universitas Bris terletak di Bristol, Britania Raya. Universitas ini didirikan oleh Royal Charter pada tahun 1909, dan sudah ada institusi pendahulunya yaitu, University College, Bristol, yang sudah ada sejak 1876.

Akademisi yang ada di universitas ini antara lain 21 fellow Academy of Medical Sciences, 13 fellow British Academy, 13 fellow Royal Academy of Engineering dan 44 fellow Royal Society.  Universitas Bristol juga telah menghasilkan 11 peraih Nobel sepanjang sejarahnya, yaitu Paul Dirac, Sir William Ramsay, Cecil Frank Powell, Sir Winston Churchill, Dorothy Hodgkin, Hans Albrecht Bethe, Max Delbrück, Gerhard Herzberg, Sir Nevill Francis Mott, Harold Pinter dan Jean-Marie Gustave Le Clézio.

  1. University of Manchester

Universitas ini adalah gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester. Lokasi universitas ada di Manchester dan universitas ini didirikan pada tahun2004. Universitas yang memiliki beberapa aset budaya besar di Inggris, seperti Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library, dan juga Jodrell Bank Observatory.

  1. King’s College London

King’s College London atau biasa disebut dengan sebutan KCL, adalah salah satu universitas penelitian negeri di Inggris. Universitas ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington sejak tahun 1829. Kampus KCL berada di kota London. Universitas ini seiring berjalannya waktu telah menjadi salah satu pusat pendidikan terbesar bagi sarjana dan pascasarjana kedokteran, serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa.

  1. University of Edinburgh

University of Edinburg merupakan universitas tertua keenam di dunia dan didirikan pada tahun 1583. Salah satu ciri yang membuat universitas ini khas adalah bangunannya yang antik ala Skotlandia. Beberapa jurusan yang populer dari universitas ini antara lain Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kedokteran Hewan, serta Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik.

  1. London School of Economics and Political Science

London School of Economics and Political Science adalah bagian dari Universitas London. Universitas ini berdiri sejak tahun 1985 dan bergabung dengan universitas pada tahun 1990. Jurusan yang ditawarkan pada universitas  ini adalah akuntansi dan keuangan, kajian pengembangan, ekonomi, hubungan pegawai dan perilaku organisasi, lingkungan dan geografi, strategi ekonomi dan manajerial, dan lain-lain.

  1. University College London

University College London biasa dikenal dengan singkatan UCL yang merupakan universitas tertua di London. Universitas ini didirikan pada tahun 1826. Universitas ini adalah lembaga pendidikan sekuler yang menerima mahasiswa tanpa memandang agama ataupun gender. Adapun beberapa fakultas yang ada di universitas ini, yaitu 10 fakultas, di antaranya Fakultas Seni dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pemikiran, Fakultas Pemberdayaan Lingkungan, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Fisik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan  Fakultas Ilmu Kedokteran.

  1. Imperial College London

Imperial College London (The Imperial College of Science, Technology and Medicine) merupakan perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Pangeran Albert adalah orang yang mendirikan perguruan ini untuk menggiatkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni, terdiri dari Natural History Museum, Museum Victoria dan Albert, Science Museum, Royal Albert Hall dan Imperial Institute.

Imperial Institute didirikan oleh istrinya, Queen Victoria kemudian dilanjutkan oleh Ratu Elizabeth II dan Duke of York yang membuka Imperial College Business School.  Seiring bergabungnya universitas ini dengan Sekolah Kedokteran Rumah Sakit St Mary, Charing Cross dan Sekolah Kedokteran Westminster, Royal Postgraduate Medical School dan Institut Jantung dan Paru Nasional menjadikan universitas ini terus berkembang. Imperial College London memiliki fokus pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, dan bisnis. Dengan latar belakang kedokterannya, Imperial College London juga mengoprasikan Lee Kong Chian School of Medicine di Singapura dan juga bermitra dengan Nanyang Technological University.

  1. University of Cambridge

University of Cambridge adalah universitas kedua-tertua di Inggris, dengan memiliki persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia. Cerita dibalik berdirinya universitas ini adalah pecahan dari University of Oxford. Konon  di tahun 1209, beberapa sarjana kabur dari Oxford setelah bertengkar karena sebuah permasalahan dengan penduduk di sekitar Oxford. Kemudian mereka mencetuskan untuk membuat perhimpunan dan mendirikan University of Cambridge pada tahun 1209. Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal dibuktikannya dengan telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel, lebih banyak dari universitas lain di dunia.

  1. University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas tertua di Inggris. Sejak abad ke 11 universitas ini telah berdiri. Namun dibalik kisah berdirinya oxford belum ada yang tahu tanggal pasti pendirian universitas ini. Karena usianya yang cukup “tua”, tidak mengherankan jika University of Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka di dunia. Di antaranya, 58 penerima hadiah Nobel. University of Oxford juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Inggris, dengan 11 juta koleksi buku yang ada di dalamnya.

Itu tadi adalah daftar 10 universitas yang bisa dijadikan pilihan utama ketika kamu berniat untuk melanjutkan studi di Inggris. Jadi, mana universitas pilihanmu di Inggris?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here