Waspada!Awas Beasiswa Tipuan! Kenali Ciri-cirinya!

0
616
Sumber: hotcourses.co.id

Meraih beasiswa untuk melanjutkan studi ke strata pendidikan yang lebih tinggi memang menyenangkan dan membanggakan, apalagi dewasa ini banyak sekali perguruan tinggi, instansi ataupun perusahaan yang menawarkan program beasiswa, entah itu mahasiswa berprestasi ataupun untuk kategori mahasiswa kurang mampu.

Ditambah di era sekarang untuk mendapatkan info ataupun segala hal pendafataran beasiswa dilakukan secara online, tentu sangat memebantu dan mempermudah, walaupun kelihatanya praktis dan sangat mudah, tapi kamu harus waspada karna banyak pihak memanfaatkan hal ini untuk melakukan kejahatan penipuan.

Dilansir dari laman usnews.com, pada setiap tahun nya, terdapat banyak kerugian dengan rata-rata $1 juta dolar di Amerika, nah oleh karna nya kita harus waspada terhadap berbagai beasiswa yang ditawarkan pihak lain,para mahasiswa/pelajar pun diminta untuk teliti dalam mengajukan beasiswa.apalagi secara Online, nah untuk menghidari penipuan ini yuk kita lihat beberapa ciri-ciri beasiswa yang terindikasi palsu.

Mengharuskan kamu untuk membayar

Yang namanya beasiswa pasti kita yang akan dibayar dan mendapatkan berbagai fasilitas, dan bukan sebaliknya kita yang harus membayar, dan perlu kamu garis bawahi dan ingat beasiswa yang resmi tidak pernah menyarankan untuk membayar biaya apapun, kecuali tiket pesawat dan ongkos perjalanan yang memang tidak semua memfasilitasi.

 

Dan beasiswa yang terkesan palsu akan terlihat dar awal pendaftaran, ya kamu akan diharuskan untuk membayarkan terlebih dahulu bahkan jauh sebelum pengajuan aplikasi beasiswa tersebut diproses.

Logo situs

Pada biasanya, situs tempat infoemasi Penipuan basiswa ini akan mencantumkan logo perguruan tinggi, bank ataupun intitusi yang menaungi nya, agar meyakinkan situs mereka,sebagai tindakan preventif dan waspada kamu bisa cek ulang mengenai logo dan situs resmi nya apakah sama atau berbeda, dan cek situs penyedia halaman resmi nya apakah institusi mereka menyediakan program beasiswa atau penipuan.

Meminta informasi keuangan

Pada laman beasiswa Resmi memang pada nantinya akan meminta kamu untuk data-data pribadi, tetapi yang harus kamu ingat bahwa beasiswa resmi tidak akan meminta seputar informasi keuangan pribadimu, Misalnya meminta Nomor rekening Bank, nomor kartu kredit atau bahkan nomor Pin/Password keduanya, dan jika kamu menemukan hal seperti itu maka akan disimpulkan bahwa situs tersebut palsu dan merupakan situs penipuan.

Kesempatan istimewa

Jika secara tiba-tiba kamu menerima sebuah email yang menyatakan bahwa kamu terpilih mendapatkan kesempatan istimewa untuk mendapatkan beasiswa, sebaiknya kamu jangan dulu percaya, sebaiknya kamu telusuri lebih lanjut tentang email yang kamu dapatkan. Karena ini bisa saja menjadi salah satu indicator penipuan yang ujung-ujung nya meminta kamu menyetorkan sejumlah dana, dan kamu harus menggaris bawahi bahwa beasiswa akan di dapatkan bagi yang memenuhi kriteria saja tidak ada yang namanya di “istimewa” kan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here