Wujudkan Impianmu dengan Mengikuti Beasiswa Unggulan 2021

0
137

Berbicara mengenai perkuliahan, tentunya banyak hal yang dapat kita lakukan dan kita dapatkan selama menempuh perkuliahan tersebut ya teman-teman. Nah salah satunya adalah program beasiswa. Sehubungan dengan hal tersebut, kali ini ada informasi yang cukup menarik seputar program beasiswa. Yuk simak informasinya!

Program beasiswa kali ini diberi nama Beasiswa Unggulan 2021. Dimana penyelenggara program ini yaitu Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi. Tujuan dari program ini adalah memberikan beasiswa bagi teman-teman yang sedang atau akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, S2, hingga S3.

Dalam program beasiswa ini terdapat 3 buah kategori beasiswa yang dapat diajukan. Mulai dari program Masyarakat Berprestasi, program Pegawai Kemdikbudristek, dan program Penyandang Disabilitas.

Bagi program Masyarakat Berprestasi, beasiswa yang disediakan mulai dari jenjang S1 hingga S3. Terdapat beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mengikuti program ini. Para pendaftar diutamakan bagi mereka yang memiliki sertifikat prestasi akademik maupun non akademik tingkat nasional maupun internasional. Pendaftar juga haruslah sudah dinyatakan diterima oleh perguruan tinggi negeri dengan akreditasi minimal B. Kemudian, pendaftar juga tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari pihak lain.

Sedangkan untuk program Pegawai Kemdikbudristek menawarkan beasiswa jenjang S2 dan S3 saja, dengan persyaratan umum yang berbeda. Pendaftar merupakan Aparatur Sipil Negara di Kemdikbudristek yang telah diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja. Selain itu, pendaftar juga harus memiliki persetujuan penugasan untuk belajar sesuai peraturan perundang-undangan dan mendapatkan rekomendasi pimpinan terkait bidang studi yang diambil sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Sama seperti program kedua, program Penyandang Disabilitas pun hanya menawarkan program S2 dan S3. Persyaratan umum yang dibutuhkan diantaranya yaitu:

  1. Merupakan mahasiswa penyandang disabilitas (Penyandang disabilitas fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik)
  2. Berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik yang dibuktikan dengan sertifikat
  3. Memiliki surat keterangan dari dokter/ ahli/ dan atau lembaga relevan yang menyatakan atau menerangkan sebagai Penyandang Disabilitas sesuai dengan Ragam Penyandang Disabilitas
  4. Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait
  5. Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain
  6. Diterima pada Perguruan Tinggi dalam negeri yang telah terakreditas
  7. Menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa dirinya benar termasuk ke dalam mahasiswa berkebutuhan khusus.

Untuk persyaratan lain yang lebih rinci teman-teman dapat membukanya disini. Pendaftaran dilakukan secara daring dengan membuat akun terlebih dahulu disini. Jangan sampai terlewat ya teman-teman, karena pendaftaran program beasiswa ini akan dibuka hingga tanggal 15 Agustus 2021. Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here