Yuk Kenalan dengan Jurusan Bioteknologi Sebelum Kamu Memilihnya

403

Kursus Ielts Bandung – Bicara mengenai pilihan jurusan kuliah, ada sangat banyak jenis jurusan yang dapat dipilih dan setiap universitas biasanya memiliki beberapa jurusan kuliah yang menjadi keunggulannya. Dari sekian  banyak jurusan kuliah, jurusan Bioteknologi menjadi salah satu jurusan yang saat ini sedang naik daun.

Jurusan Bioteknologi merupakan satu jurusan yang merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mengenai pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia.

Saat ini, penerapan ilmu Bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang akan dipelajari dalam jurusan ini menyangkut teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika. Nah ingin tau lebih dalam mengenai jurusan Bioteknologi ini. yuk kita bedah secara mendalam.

 

Mengenal Jurusan Bioteknologi

Jurusan Bioteknologi ini merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai pemanfaatan mikroorganisme, atau mikroorganisme, dengan menggunakan teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Adapun beberapa contoh dari produk yang dihasilkan Bioteknologi seperti vaksin, tumbuhan yang tahan terhadap hama, insulin dan bakteri dan lain lain.

Ilmu Bioteknologi ini merupakan ilmu yang berasal dari gabungan antara ilmu biologi, kimia, dan teknologi. Ilmu Bioteknologi dibagi menjadi 4 ruang lingkup yang meliputi

 

Bioteknologi Putih

Bioteknologi putih merupakan serangkaian pembahasan yang mengenai industri, yang dimulai dari industri pangan, kesehatan, produk-produk kecantikan, bahan bakar dan lain lain.

 

Bioteknologi Biru

Bioteknologi biru merupakan serangkaian pembahasan yang akan mencangkup perairan dan kelautan, seperti misalnya pemanfaatan alga sebagai sumber energi, dan lain lain.

 

Bioteknologi Hijau

Bioteknologi hijau ini merupakan serangkaian pembahasan yang menyangkut pertanian, dan penerapannya seperti tanaman tahan hama, rekayasa tanaman dan lain lain.

 

Bioteknologi Merah

Sementara Bioteknologi merah ini merupakan serangkaian pembahasan yang menyangkut bidang kesehatan atau ilmu kedokteran seperti misalnya pembuatan antibodi dan vaksin, stem cell, tissue engineering, , dan lain lain.

 

Prospek Kerja dari Jurusan Bioteknologi

Sudah menjadi pertanyaan umum dari para calon mahasiswa yang hendak memilih jurusan adalah apa pekerjaan yang bisa diperoleh setelah lulus nanti. Berikut beberapa prospek kerja yang dapat menjadi peluang karir dari para lulusan jurusan Bioteknologi.

 

Ahli Bioteknologi

Satu prospek kerja yang sudah sangat identik dari para lulusan jurusan Bioteknologi adalah menjadi ahli Bioteknologi. Seorang ahli Bioteknologi biasanya akan dibutuhkan di berbagai sektor industri, seperti industri pangan, pertanian, peternakan, medis, hingga energi. 

Seorang ahli Bioteknologi akan memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian dengan pemanfaatan organisme dan makhluk hidup tertentu dalam menciptakan sebuah inovasi. Untuk masalah gai, seorang ahli Bioteknologi ini berkisaran sekitar 4 hingga 6 juta perbulannya.

Baca juga Jurusan Teknik Robotika Cocok Untuk Penggila Teknologi

Research and Development (RnD)

Seorang lulusan dari jurusan Bioteknologi ini juga bisa menjadi Research and Development di perusahaan pangan ataupun farmasi. Pada posisi ini, kamu akan bertugas untuk mengembangkan dan juga menguji produk baru serta meningkatkan kualitas dari produk yang diteliti.

Untuk masalah penghasilan kamu dapat memperoleh penghasilan yang bekisar 4 hingga 6 juta perbulannya.

 

Biomedis

Prospek kerja dari lulusan jurusan bioteknologi selanjutnya adalah menjadi Biomedis yang akan  membuat kamu berkolaborasi dengan para ilmuwan medis maupun ahli kimia. Pada pekerjaan ini, kamu akan memiliki peran sebagai peneliti untuk mengembangkan alat atau produk baru yang berguna bagi pasien. Masalah gai, seorang biomedis dapat memperoleh penghasilan yang berkisaran 5 hingga 7 juta perbulannya, namun tergantung juga tempat kamu bekerja

Selain dari beberapa prospek kerja tersebut, pastinya masih ada banyak lagi prospek kerja lainnya yang dapat diperoleh bagi para lulusan kuliah jurusan Bioteknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here