Yuk Kenalan dengan Jurusan Statistika Sebelum Memilihnya

355

Les Bahasa Inggris di Bandung – Ketika memasuki bangku perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan jurusan yang bisa kamu pilih selama kuliah, mulai dari jurusan kesehatan, pembangunan, kelistrikkan hingga jurusan pengolahan data seperti jurusan statistika. 

Meskipun jurusan statistika ini tidak sepopuler jurusan kedokteran, hkum, ekonomi dan lainnya, bukan berarti jurusan ini tidak memberikan prospek kerja yang menjanjikan. Pengen tau lebih jauh mengenai jurusan statistika ini.? yuk kita bahas lebih detailnya.

 

Kenalan dengan Jurusan Statistika

Sebelum kamu akan memutuskan untuk mengambil jurusan yang satu ini, sebaiknya kenali lebih dulu mengenai jurusan yang satu ini. Statistika merupakan suatu jurusan yang akan mempelajari mengenai proses pengumpulan, pengolahan, penyajian dan menganalisa sebuah data untuk kemudian dijadikan sebagai landasan untuk mengambil sebuah keputusan.

Data data yang digunakan dalam pengolahan di statistika ini merupakan data yang valid tanpa adanya rekaan sama sekali. Jurus statistika ini merupakan jurusan yang masih berkaitan dengan matematika, hanya saja fokus utama pada jurusan adalah pengolahan data,  maka ketika kamu belajar di jurusan ini, kamu juga akan bertemu dengan hitung hitungan. Maka siapkan diri kamu ketika hendak memilih jurusan ini.

 

Mata Kuliah Jurusan Statistika

Sebagai satu jurusan yang masih berhubungan dengan matematika, maka sudah pasti kamu akan mendapati mata kuliah yang akan berhubungan dengan hitung hitungan, namun tidaklah terlalu banyak karena fokus utamanya adalah ke data yang akan dikelola.

Namun meski demikian, para mahasiswa yang belajar di jurusan ini akan dituntut untuk jago hitung hitungan karena jika kemampuan berhitung tidak memadai akan cukup sulit untuk menyelesaikan persoalan data yang dikelolanya.

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Statistika

Untuk mempermudah keputusan kamu dalam mengambil jurusan ini, yuk kita kenali beberapa prospek kerja dari para lulusan statistika.

 

1. Aktuaris

Aktuaris merupakan profesi yang  bertugas sebagai ahli di bidang manajemen risiko serta ketidakpastian dalam bidang usaha. seorang aktuaris umumnya akan bekerja di sektor keuangan, investasi, perusahaan asuransi dan lain lain.

 

2. Ahli statistik

Seorang ahli statistik ini biasanya akan bekerja di kementrian informasi dan teknologi, kementerian dalam  negeri hingga badan pusat statistik.  Sebagai orang yang bekerja sebagai ahli statistik akan bertugas untuk menyediakan data serta informasi lainnya yang akan dibutuhkan untuk hal analisis yang sesuai dengan bidang yang ditanganinya pekerjaan.

 

3. Perbankan

Para lulusan jurusan Statistika ini juga akan dibutuhkan oleh perusahaan perbankan yang dimana akan ditempat di posisi sebagai data scientist atau bagian analisis penjualan saham. Untuk masalah gajinya, tentunya posisi ini akan memberikan kamu gaji yang cukup menjanjikan.

 

4. Market researcher

Prospek kerja selanjutnya dari lulusan Statistika ini adalah menjadi market researcher yang piawai mengolah data karena memang membutuhkan para lulusan Statistika untuk mengolah data dari perusahaan.

Baca juga Mengenal Lebih Dalam mengenai Jurusan Kuliah Jurusan Software Engineering

5. Big data specialist

Prospek kerja selanjutnya bagi para lulusan jurusan Statistika ini adalah menjadi big data specialist yang dimana juga menjadi peluang kerja yang cukup  menjanjikan. Gaji dari big data specialist ini dapat mencapai Rp. 984 juta per tahun, namun juga tergantung dari perusahaan tempat bekerja.

Meski demikian, rata rata perusahaan yang menyediakan posisi ini merupakan perusahaan perusahaan besar.

Nah dari beberapa prospek kerja yang dijanjikan oleh jurusan Statistika ini, apakah kamu tertarik ingin menjadikannya sebagai jurusan pilihan kamu di bangku kuliah nanti.? Apapun jurusan yang akan kamu pilih, pastikan jurusan tersebut memang benar benar sesuai dengan passion kamu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here