Greeting: Menyapa dengan Bahasa Inggris, Pengertian dan Contoh Kalimatnya

0
123

Kita sebagai makhluk sosial pasti sering menyapa orang lain kan? Kalau dengan Bahasa Indonesia, aku yakin, kamu sudah handal banget nih untuk melakukannya!

Tetapi tahukah kamu cara menyapa dengan Bahasa Inggris?

Pada dasarnya, kamu bisa menyapa orang dengan dua cara: formal (resmi) atau informal (tidak resmi). Apa aja sih perbedaannya? Yuk disimak dibawah ini!

Menyapa secara Formal
Formal greeting atau sapaan secara resmi digunakan dalam acara atau keadaan resmi. Selain itu, kita juga bisa menggunakan sapaan ini untuk orang yang baru kita kenal.

Dibawah ini merupakan contoh kata-kata yang sering dipakai untuk sapaan formal:

  • Hello!
    (Halo)
  • Good morning / afternoon / evening.
    (Selamat pagi / siang / sore.)
  • How are you?
    (Apa kabar?)
  • How are you doing?
    (Apa kabar?)
  • How is everything?
    (Bagaimana kabar semuanya?)

Contoh penggunaan kata-kata diatas:
A: “Good morning, Mr. B. My name is A, pleasure to meet you.”
(Selamat pagi, Pak B. Nama saya A, senang bisa bertemu dengan anda.)
B: “Oh, hello there Mrs, A! No, the pleasure is mine. How are you?
(Oh, halo Ibu A! Gak, saya yang senang bisa bertemu Ibu. Apa kabar, Bu?

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kata-kata dibawah ini jika kamu sudah lama tidak bertemu dengan orang ini:

  • It has been too long.
    (Sudah lama sekali tidak bertemu kamu.)
  • It has been a long time.
    (Sudah lama sekali sejak terakhir kali kita bertemu.)
  • What have you been up to all these time?
    (Apa yang kamu lakukan selama kita tidak bertemu?)
  • It’s always a pleasure to meet / see you.
    (Selalu menyenangkan bertemu atau melihatmu.)
  • How long has it been?
    (Udah berapa lama kita tidak bertemu ya?)
  • I am so happy to see you again.
    (Aku senang sekali bisa bertemu dengan kamu lagi.)

Contoh penggunaan kata-kata diatas:
A: “Hello, Mr. B, it has been a long time! How are you?”
(Hi, Pak B, sudah lama tidak bertemu! Apa kabar?)
B: “Indeed, Mrs. A, it has been too long. I am fine, how are you doing?”
(Benar, Ibu A, sudah terlalu lama kita tidak bertemu. Saya baik-baik saja, bagaimana dengan kamu?)
A: “Same old, same old.”
(Sama saja seperti dulu.)

Menyapa secara Informal
Informal greeting merupakan sapaan yang biasa dipakai dalam keadaan atau acara yang tidak resmi. Biasanya dipakai untuk percakapan bersama sahabat atau teman yang sudah kita kenal.

Selain itu, kita juga bisa memakai sapaan ini untuk memulai percakapan dengan orang yang baru kita kenal – dengan syarat, acaranya tidak resmi.

Dibawah merupakan beberapa contoh kata yang biasa dipakai untuk informal greeting:

  • Hi.
    (Hi)
  • What’s up?
    (Apa kabar?)
  • How are things?
    (Bagaimana keadaanmu?)
  • Good to see you.
    (Senang bisa bertemu denganmu.)
  • How’s life?
    (Gimana keadaan kamu?)

Dibawah merupakan contoh percakapan menggunakan kata-kata diatas:
C: “Hi! The name is C, good to see you!”
(Hi! Nam gue C, seneng bisa bertemu dengan lo!)
D: “Hi D! What’s up?”
(Hi D! Apa kabar lo?)
C: “I’m good, man.”
(Gue baik-baik aja nih.)

Sama seperti Formal Greeting, Informal Greeting juga memiliki beberapa frasa yang biasa dipakai untuk menyapa orang yang kalian sudah kenal dan lama tidak bertemu. Apa saja sih frasanya? Bisa dilihat di bawah ya:

  • Long time no see.
    (Udah lama gak lihat.)
  • Where have you been?
    (Kemana aja lo?)
  • How come I never see you?
    (Kok bisa sih gue gak pernah ketemu lo lagi?)

Contoh penggunaan frasa diatas adalah:
C: “Hi D! What’s up? Long time no see.”
(Hi, D! Apa kabar lo? Lama gak ketemu)
D: “Woah, C! How come I never see you? I am alright. How are things with you?”
(Wah, C! Kok gue udah lama gak liat lo sih? Gue baik. Gimana lo?)
C: “I’m alright too.”
(Gue baik-baik juga.)

Nah itulah cara menyapa dengan Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here