Kemampuan Bahasa Inggris Kamu Berada di Level Berapa? Cek Di sini

277

Kursus Toefl Bandung – Dalam era global saat ini, Bahasa Inggris telah memperoleh kedudukan krusial sebagai bahasa internasional yang menghubungkan beragam budaya dan komunitas di seluruh dunia. Proses penguasaan Bahasa Inggris melibatkan beragam tingkatan yang menandai evolusi kemampuan berbahasa individu. Nah, kira kira kemampuan bahasa inggris kamu berada di level berapa? Simak selengkapnya sebagai berikut.

 

6 Tingkatan Level Kemampuan Bahasa Inggris

Pada dasarnya, ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat level kemampuan berbahasa inggris, salah satunya adalah dengan mengukur kemampuan dalam menggunakan bahasa inggris. Berikut beberapa level tingkatan yang mungkin bisa membantu mengukur tingkat kemampuan dari penguasaan bahasa inggris kamu.

 

A1 – Fondasi Awal dalam Bahasa Inggris

Menginjakkan langkah pertama dalam perjalanan Bahasa Inggris, Dimensi A1, atau tahap pemula, membentuk pijakan dasar. Pelajaran pada tingkat ini mengajarkan kosakata esensial, ungkapan umum, dan kalimat simpel yang lazim dalam rutinitas harian. Walaupun kompetensi berbicara dan pemahaman masih terbatas, Dimensi A1 menjadi pondasi kokoh bagi pembelajar.

 

A2 – Membangun Landasan dalam Bahasa Inggris

Setelah menguasai Dimensi A1, perjalanan berlanjut ke Dimensi A2, yang mewakili penerapan landasan yang lebih mendalam. Di fase ini, peningkatan kosakata dan ekspresi yang telah dikuasai berlangsung, sambil pembelajar memahami cara menyampaikan opini dengan sederhana. Materi melibatkan pemahaman tenses (waktu), kata benda, adjektiva, dan kalimat tanya, yang memperkaya pemahaman Bahasa Inggris.

 

B1 – Menengah dalam Kemahiran Bahasa Inggris

Dimensi B1 mewakili fase menengah dalam perjalanan memahami Bahasa Inggris. Di sini, individu mampu berkomunikasi dalam konteks yang lebih luas, termasuk berdiskusi mengenai pengalaman personal, pandangan, dan emosi. Materi pembelajaran diperdalam dengan memasukkan tenses lebih kompleks, pemahaman yang lebih mendalam tentang kata kerja, serta keterampilan membaca dan menulis.

 

B2 – Menguasai Aspek Lanjutan dalam Bahasa Inggris

Langkah selanjutnya, Dimensi B2, mewakili fase lanjutan yang melebihi Dimensi B1. Di tahap ini, kemampuan berkomunikasi semakin lancar dalam konteks yang lebih kompleks, termasuk diskusi mendalam. Keahlian memahami teks yang lebih rumit serta mampu mengartikulasikan pandangan dengan lebih terperinci juga terasa di sini.

 

C1 – Mencapai Kemahiran Lanjutan dalam Bahasa Inggris

Dimensi C1 menggambarkan tingkat lanjutan yang mendekati kompetensi penutur asli. Pada level ini, individu dapat berbicara dan mengekspresikan diri dengan percaya diri dalam berbagai konteks, termasuk situasi formal. Pemahaman mendalam mengenai tata bahasa, perbendaharaan kata yang luas, dan keterampilan membaca serta menulis yang cemerlang terus digali.

Baca juga Pengertian dan Contoh Question Tag dalam Bahasa Inggris

C2 – Puncak Kemahiran Bahasa Inggris

Dimensi C2 mewakili puncak kemahiran dalam mempelajari Bahasa Inggris. Pada tahap ini, individu mencapai kompetensi yang hampir sejajar dengan penutur asli. Mampu berkomunikasi dengan kelancaran dan fleksibilitas dalam berbagai situasi, serta pemahaman mendalam tentang tata bahasa dan kosakata, menjadi ciri utama Dimensi C2.

Perlu diingat bahwa setiap tingkatan membutuhkan waktu dan dedikasi yang berbeda untuk dicapai. Memahami dimensi Bahasa Inggris yang telah dicapai memungkinkan pembelajar untuk merancang strategi pembelajaran yang tepat, untuk terus mengembangkan kemahiran berbahasa Inggris. Dengan tekad dan usaha, siapa pun dapat meraih kemajuan dalam penguasaan Bahasa Inggris, dari dasar hingga puncak mahir.

Meningkatkan level kemampuan bahasa inggris bukanlah suatu hal yang mudah, sebab ada proses dan tahap pembelajaran yang memang harus ditempuh., terlebih lagi, belajar bahasa kedua sebagai bahasa yang tidak familiar dalam lingkungan sekitar tentunya akan menjadi lebih sulit jika dilakukan secara mandiri. Itulah mengapa, jika ingin menjadi orang yang mahir dalam berbahasa inggris, sangat dianjurkan untuk mengikuti les atau kursus bahasa inggris yang dibimbing  langsung oleh ahli bahasa inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here