Pengertian Rumus dan Contoh Past Perfect Continuous Tense

229

Kursus Speaking Bandung – Saat kita mempelajari tenses, kita pasti sudah familiar bahwa tata bahasa dalam bahasa Inggris terbagi menjadi tiga, yaitu masa lalu (past), masa kini (present), dan masa depan (future). Namun, kali ini kita akan fokus pada pembahasan mengenai masa lalu yang disebut sebagai past perfect continuous.

Mari kita telaah kembali kalimat di atas dengan seksama. Tidak hanya memahami tenses, kita juga dapat memahami fungsi dari past perfect continuous tense dalam percakapan sehari-hari.

Dalam contoh tersebut, kita melihat bahwa tokoh tersebut mengalami trauma selama bertahun-tahun setelah kejadian tersebut, dan baru-baru ini dia pulih beberapa bulan yang lalu. Penjelasan ini mengindikasikan bahwa kejadian tersebut terjadi dalam rentang waktu tertentu di masa lalu.

Dengan demikian, berdasarkan ilustrasi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa past perfect continuous tense adalah tata bahasa yang digunakan untuk menyatakan atau menjelaskan sesuatu yang terjadi di masa lalu dalam rentang waktu atau durasi tertentu, dan sudah tidak berlangsung lagi di masa kini.

 

Rumus untuk membentuk Past Perfect Continuous Tense

 

Positive (Positif)

Subject + had + been + present participle (-ing form of the verb)

 

Negative (Negatif)

Subject + had + not + been + present participle (-ing form of the verb)

 

Question (Pertanyaan)

Had + subject + been + present participle (-ing form of the verb)?

 

Contoh penggunaan rumus Past Perfect Continuous Tense

 

Positive

She had been studying for three hours before she took a break. (Dia telah sedang belajar selama tiga jam sebelum dia istirahat.)

 

Negative

They had not been working together before the project was assigned. (Mereka tidak sedang bekerja bersama sebelum proyek itu ditugaskan.)

 

Question

Had you been waiting for a long time before the bus arrived? (Apakah kamu telah sedang menunggu lama sebelum bus tiba?)

Baca juga Mengetahui Lebih Jauh Pengertian, Rumus dan Contoh Past Perfect Tense

Contoh Kalimat Menggunakan Past Perfect Continuous Tense

I had been studying English for five years before I moved to an English-speaking country. (Saya telah sedang belajar bahasa Inggris selama lima tahun sebelum saya pindah ke negara berbahasa Inggris.)

They had been working on the project all day before the power outage occurred. (Mereka telah sedang bekerja pada proyek tersebut sepanjang hari sebelum terjadi pemadaman listrik.)

Had she been practicing the piano before the concert? (Apakah dia telah sedang berlatih piano sebelum konser?)

We had not been living in that house for a long time when it was damaged in the storm. (Kami tidak telah sedang tinggal di rumah itu dalam waktu yang lama ketika rumah itu rusak akibat badai.)

The students had been waiting for the teacher for over an hour before he finally arrived. (Para siswa telah sedang menunggu guru selama lebih dari satu jam sebelum akhirnya dia datang.)

Perlu diingat bahwa Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk menggambarkan tindakan yang dimulai dan berlangsung dalam masa lampau sebelum tindakan lainnya terjadi. Dengan menggunakan tenses ini, kita dapat menyampaikan informasi dengan lebih jelas mengenai hubungan antara dua kejadian dalam waktu yang berbeda di masa lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here