Ayo Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Media di Sekitar Kita!

0
64

Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang wajib kita pelajari. Hal ini terbukti dengan adanya mata pelajaran bahasa inggris di sekolah formal hingga di universitas. Namun, selain di pendidikan formal, ada baiknya kita juga memanfaatkan media di sekitar kita untuk belajar bahasa inggris. Media apa aja sih yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari bahasa internasional ini? Mari kita bahas satu persatu.

1. Buku

Salah satu media yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar bahasa inggris adalah buku. Seperti yang kita tahu, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku berbahasa inggris, selain kita bisa memperkaya kosa kata, kita juga bisa mengetahui budaya dari negara lain yang di jelaskan melalui bacaan yang kita baca. Selain itu, kita juga bisa belajar grammatical bahasa inggris melalui tulisan yang kita baca. Percaya atau tidak, sering membaca buku atau tulisan berbahasa inggris bisa membuat kita terbiasa dengan struktur grammar nya.

2. Podcast

Media hits yang satu ini bisa membantu kamu belajar bahasa inggris dari segi listening nya. Podcast memang identik dengan audionya yang memiliki fungsi sejenis dengan radio. Dengan mendengarkan podcast yang menggunakan bahasa inggris, kita akan dilatih untuk memahami pengucapan suatu kata dan bagaimana cara orang tersebut melafalkan kata-kata bahasa inggris tersebut. Jadi selain listeningnya, kita juga akan mendapat pembelajaran pronunciation nya.

3. Film atau TV series

Nah.. media yang satu ini sudah tidak asing dijadikan alternatif untuk belajar bahasa inggris. Sudah banyak orang yang menerapkan tontonan film atau tv series sebagai media pembelajaran bahasa inggris. Karena selain kita dapat terhibur dengan cerita yang disajikan, belajar menggunakan film atau tv series dapat membantu kita belajar bahasa inggris di semua aspek secara natural. Melalui subtitle bahasa indonesia kita jadi tahu arti dari suatu ekspresi kalimat dalam bahasa inggris. Kita juga dilatih secara listening dan tatanan struktur kalimatnya dari percakapan antar tokoh di dalam cerita. Menarik bukan?

4. Youtube

Jika kamu tipe yang lebih suka belajar seperti di kelas tapi dengan pembawaan yang lebih santai, youtube adalah media pembelajaran yang tepat untuk kamu. Selain terdapat banyak pilihan channel yang bisa membantu kita untuk belajar bahasa inggris dari native speaker langsung, kita juga bisa menyesuaikan waktu dan tempat yang tepat untuk belajar. Hal ini terjadi karena youtube bisa di buka baik di handphone, laptop, atau tablet, sehingga pembelajaran bisa lebih praktis dan efektif.

Melalui ke empat media pembalajaran alternatif inilah kita bisa belajar bahasa inggris di luar pendidikan formal. Gimana? Menarik bukan? Ternyata belajar bahasa inggris bisa terasa menyenangkan jika kita tahu media apa saja yang bisa kita gunakan. Jadi ga ada alasan lagi dong buat gak belajar bahasa inggris?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here