Berikut panduan bagi pelaku UMKM Selama Kegiatan PPKM

0
158
PPKM JAWA dan Bali

Halo , salam sejahtera bagi kita semua.

Seperti biasa kali ini saya akan membagikan informasi yang bermanfaat nih bagi teman teman. Yaitu panduan bagi para pelaku UMKM selama masa PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

Nah program PPKM ini sendiri merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka upaya mengurangi dampak penyebaran virus pandemi di Indonesia

yang semakin hari dirasa makin meningkat, dengan ini pemerintah mengambil Langkah dengan tujuan mengurangi hal tersebut.

Seperti yang kita ketuhui bahwasanya virus coron asudah mulai bermutasi menjadi beberapa varian, yang memang malah makin kuat dirasa.

Nah pemberlakuan ppkm ini menjadi polemik di negeri ini, karena di satu sisi kita mesti mencegah penyebaran virus, disatu sisi para pelaku umkm ini harus terus berjuang agar perekonomian mereka tetap lancar, sebetulnya jika melihat hal ini tak ada yang berubah, namun hanya saja perubahan terjadi pada proses yang dilaksanakan. Berikut panduan penting selama PPKM

  1. jam operasional maksimal sampai pukul 20:00 Waktu setempat.
    jam operasional disini merupakan aktivitas perekonomian yang dapat dilaksanakan adalah sampai pada jam delapan malam menurut waktu setempat.Untuk para pelaku UMKM yang sebelumnya buka sampai larut malam maka, sekarang dibatasi jam operasional nya.
  2. kapasitas pengunjung untuk esensial dibatasi hanya sampai pada 50 persen dari kapasitas sebelumnya.

Nah bagi para pelaku UMKM untuk yang sektor finansial, maka untuk kapasitas sebelumnya bebas menentukan berapa jumlah pengunjung,

namun saat PPKM sekarang harus dibatasi sampai setengahnya ataun 50% dari tptal kapasitas yang ada. Nah dengan begitu selain para pelaku UMKM maka para pembeli pun harus mengerti dan paham akan hal ini.

  1. penjualan makanan dan minuman menggunakan layanan pesan antar.

Pada saat pembelakuan PPKM ini kegiatan jual beli makanan dan minuman harus lah dibawa pulang dan tidak ada yang dimakan ditempat. Jika tidak memungkinkan untuk datang teman teman tetap bisa melakukan order dengan jasa ojek online.

  1. sediakan tempat cuci tangan dan handsanitaizer

Tentunya dalam upaya menjaga kebersihan, setiap tempat UMKM harus menjaga dan menyediakan tempat cuci tangan, baik itu untuk pengunjung maupun karyawan.

  1. karyawan memakai 2 lapis masker,

Nah perlu teman teman ketahui sebenarnya anjuran ini tidak hanya untuk karyawan, namun berlaku juga untuk setiap orang, bahwa tidak hanya cukup masker kain , maelainkan juga harus dilapisi dengan masker kesehatan di bagian dalamnya.

  1. ventilasi udara yang cukup di ruang kerja, Nah sebenernya ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang di ruangan masing masing, karena untuk kelancaran proses vertilasi udara yang masuk harus lancar.

 

Nah teman teman itu merupakan poin poin penting dari PPKM untuk para pelaku UMKM ini, merupakan hal yang harus diwujudkan oleh semua pihak dalam rangka mengurangi penyebaran virus korona di negara ini.
Dari mulai sekarang yuk mulai ikuti dan berusaha untuk mengurangi dampak virus korona.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here