Kuliah Jurusan Teknik Sipil.? Yuk Intip Prospek Kerja Setelah Lulus Nanti

513

Kursus Ielts Bandung – Jurusan teknik sipil merupakan satu jurusan yang  sudah cukup populer di sejumlah universitas. Dapat dikatakan, jurusan teknik sipil ini merupakan jurusan yang cukup banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Pasalnya, jurusan teknik sipil sipil memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan selepas kuliah nanti. Apa saja prospek kerja dari jurusan teknik sipil ini.? yuk simak pembahasan detail mengenai jurusan teknik sipil ini.

 

Sekilas Tentang  Jurusan Teknik Sipil 

Jurusan teknik sipil ini merupakan jurusan yang akan mempelajari mengenai hal hal yang berkaitan dengan perencanaan dan perancangan pembangunan, manufaktur, pengelolaan, konservasi dan juga renovasi berbagai bangunan. Lebih dari itu, jurusan teknik sipil tidak hanya akan fokus pada pembangunan perkotaan saja, namun juga mencangkup bangunan ada area pedesaan.

Ketika anda mempelajari jurusan teknik sipil ini akan mempelajari 3 ilmu yang mendasar meliputi ilmu desain, konstruksi, dan ilmu pemeliharaan lingkungan. Maka ketika anda mempelajari ilmu teknik sipil ini anda akan mempelajari dasar dasar konstruksi perancangan bidang arsitektur.

Seorang teknik sipil memiliki tanggung jawab atas banyaknya hal yang berkaitan dengan pembangunan seperti pembangunan gedung, pembuatan jalan raya, pembangunan komplek perumahan, jembatan, bendungan, stasiun, bandara dan lain sebagainya.

 

Materi Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Bagi anda yang hendak memilih jurusan teknik sipil sebagai jurusan di bangku perkuliahan nanti, mungkin anda bertanya tanya, apa sih materi kuliah yang akan dipelajari di jurusan teknik sipil.? Sederhana, jurusan teknik sipil ini akan mempelajari mengenai proses hingga dampak dari suatu pembangunan, baik itu pembangunan gedung, rumah, jembatan, fasilitas umum dan lain sebagainya.

Saat memasuki masa pembelajaran jurusan teknik sipil, mahasiswa akan diajarkan mengenai pemahaman ilmu yang berkaitan dengan unsur unsur pembangunan yang meliputi baja, beton, aspa, dan lain lain. 

Di jurusan ini, anda akan mengevaluasi secara teknis terkait rancangan dari arsitek yang sesuai dengan kaidah konstruksi serta bahan material yang akan digunakan. Selanjutnya, jurusan ini akan mengacu ke pertimbangan kemajuan teknologi transportasi, perubahan iklim, struktur tanah hingga bencana alam. Seorang teknik sipil akan mempelajari dampak dampak dari pembangunan di masa mendatang.

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Berdasarkan dengan ilmu pembelajaran yang dipelajari selama di bangku perkuliahan, seorang lulusan jurusan teknik sipil akan memiliki prospek kerja yang meliputi

 

Structural engineer

Structural engineer merupakan orang yang berperan penting dalam sebuah pembangunan, dimana mereka akan bertanggung jawab dalam menganalisa sebuah infrastruktur yang diberikan pihak konsultan bangunan. Seorang yang bekerja dengan profesi ini akan bertugas untuk mendesain, memprediksi sampai mencari solusi apabila proyek bangunannya terkendala suatu masalah.

 

Insinyur situs pembangunan

Insinyur situs pembangunan ini merupakan profesi yang bertugas sebagai peninjau suatu lokasi pembangunan. Mereka juga ikut memeriksa lahan, material, dan juga keamanan pembangunan jika dilakukan di tempat tersebut.

Baca juga Mengenal Jurusan Farmasi dan Karir di Bidang Farmasi dan Kesehatan

Kontraktor insinyur sipil

Seorang Kontraktor insinyur sipil ini memiliki peran dalam mewujudkan segala bentuk rancangan dan desain dari konsultan pembangunan yang dimulai dari tahap awal yaitu pemilihan material hingga tahap pembangunan sampai selesai.

 

Surveyor pengendalian pembangunan

Seorang Surveyor pengendalian pembangunan ini memiliki tugas untuk memastikan jika proyek pembangunan sudah memenuhi peraturan yang sesuai dengan undang undang yang berlaku. Seorang  Surveyor pengendalian pembangunan harus memiliki kemampuan komunikasi dan problem solving yang baik, sehingga bisa mencarikan solusi ketika ada kendala dari klien terkait pembangunan.

Untuk masalah gaji dari beberapa prospek kerja tersebut tentu tidaklah sedikit yang juga dipengaruhi oleh besarnya proyak yang dipegangnya atau tempat ia bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here