Memahami Perbedaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

258

Les Bahasa Inggris di Bandung – “Either” adalah kata dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam beberapa konteks yang berbeda, tergantung pada bagaimana kata ini digunakan dalam kalimat. Berikut adalah beberapa penggunaan umum “either”:

Konjungsi Penyerta (Correlative Conjunction): Dalam konteks ini, “either” digunakan bersama dengan “or” untuk menunjukkan pilihan antara dua hal atau lebih. Contohnya:

You can either have coffee or tea. (Anda bisa memilih antara kopi atau teh.)

She can either go to the party or stay home. (Dia bisa pergi ke pesta atau tinggal di rumah.)

Adverb (Kata Keterangan): “Either” juga dapat digunakan sebagai kata keterangan untuk menunjukkan bahwa satu hal atau yang lain terjadi atau benar. Ini sering digunakan dalam kalimat negatif atau pertanyaan. Contohnya:

I can’t eat either of those dishes. (Saya tidak bisa makan salah satu dari hidangan itu.)

Did you want tea or coffee? I don’t like either. (Apakah kamu ingin teh atau kopi? Saya tidak suka keduanya.)

Pronoun (Kata Ganti): “Either” juga dapat digunakan sebagai kata ganti tunggal untuk merujuk pada salah satu dari dua pilihan. Contohnya:

I have two books; you can borrow either. (Saya punya dua buku; kamu bisa meminjam salah satunya.)

Sedangkan “Neither” adalah kata dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam beberapa konteks yang serupa dengan “either,” tetapi mengindikasikan penolakan atau ketidaksetujuan terhadap kedua pilihan atau hal yang dibicarakan. Berikut adalah beberapa penggunaan umum “neither”:

Konjungsi Penyerta (Correlative Conjunction): Dalam konteks ini, “neither” digunakan bersama dengan “nor” untuk menunjukkan bahwa kedua pilihan atau hal yang dibicarakan tidak benar atau tidak terjadi. Contohnya:

Neither John nor Sarah could attend the meeting. (Baik John maupun Sarah tidak bisa menghadiri pertemuan itu.)

The restaurant has neither vegetarian nor vegan options. (Restoran tersebut tidak memiliki pilihan vegetarian maupun vegan.)

Adverb (Kata Keterangan): “Neither” juga dapat digunakan sebagai kata keterangan untuk menunjukkan bahwa tidak satupun dari dua hal yang dibicarakan terjadi atau benar. Ini sering digunakan dalam kalimat negatif atau pertanyaan. Contohnya:

 

I don’t like pizza, and I don’t like burgers either. (Saya tidak suka pizza, dan saya juga tidak suka burger.)

Did you invite Tom or Susan? Neither of them is coming. (Apakah kamu mengundang Tom atau Susan? Tidak satupun dari mereka yang datang.)

Pronoun (Kata Ganti): “Neither” juga dapat digunakan sebagai kata ganti tunggal untuk merujuk pada kedua hal yang dibicarakan. Contohnya:

I offered him coffee or tea, but he wanted neither. (Saya menawarkan kopi atau teh padanya, tetapi dia tidak mau keduanya.)

Jadi, “neither” digunakan untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap kedua pilihan atau hal yang dibicarakan, dan biasanya digunakan dalam konteks yang menegaskan bahwa tidak ada pilihan yang benar atau tidak ada yang terjadi.

 

Aturan dalam menggunakan either dan neither

Ketika menggunakan “either” dan “neither” dalam bahasa Inggris, ada beberapa aturan yang perlu diikuti. Berikut adalah aturan-aturan dasar untuk penggunaan keduanya:

 

1. Penggunaan “Either” (Salah Satu Dari Dua)

“Either” digunakan untuk menunjukkan pilihan antara dua hal atau lebih. Ini sering digunakan bersama dengan “or” untuk menunjukkan bahwa Anda dapat memilih salah satu dari pilihan yang ada.

Contoh: “You can have either tea or coffee.” (Anda bisa memilih antara teh atau kopi.)

“Either” juga dapat digunakan sebagai kata keterangan dalam kalimat negatif atau pertanyaan untuk menunjukkan bahwa satu hal atau yang lain benar atau terjadi.

Contoh: “I don’t like either option.” (Saya tidak suka salah satu dari pilihan ini.)

 

2. Penggunaan “Neither” (Tidak Satu Pun Dari Dua)

“Neither” digunakan untuk menunjukkan bahwa tidak satu pun dari dua hal yang dibicarakan benar atau terjadi. Ini sering digunakan bersama dengan “nor” dalam konteks ini.

Contoh: “Neither John nor Sarah could attend the meeting.” (Baik John maupun Sarah tidak bisa menghadiri pertemuan itu.)

“Neither” juga digunakan dalam kalimat negatif atau pertanyaan untuk menunjukkan bahwa tidak ada pilihan yang benar atau bahwa penolakan terhadap kedua pilihan tersebut sangat kuat.

Contoh: “I don’t like neither pizza nor pasta.” (Saya tidak suka baik pizza maupun pasta.)

Baca juga Memahami Perbedaan Gerund dan Infinitive dalam Bahasa Inggris

3. Penggunaan “Either” dan “Neither” sebagai Kata Ganti (Pronoun)

“Either” dan “neither” juga dapat digunakan sebagai kata ganti tunggal untuk merujuk pada salah satu atau tidak ada dari dua pilihan yang dibicarakan.

Contoh: “You can borrow either book.” (Anda bisa meminjam salah satu buku.)

Contoh: “Neither of the options is suitable.” (Tidak satu pun dari pilihan tersebut yang cocok.)

 

4. Penggunaan dalam Kalimat Positif

Penggunaan “either” dalam kalimat positif umumnya lebih jarang dibandingkan dengan penggunaan “neither” dalam kalimat positif. Namun, dalam konteks tertentu, “either” dapat digunakan untuk menekankan bahwa ada dua pilihan yang tersedia.

Penggunaan “neither” dalam kalimat positif umumnya digunakan untuk menunjukkan ketidaksetujuan atau penolakan terhadap kedua pilihan tersebut.

 

5. Penekanan dan Konteks

Terkadang, penekanan pada “either” atau “neither” dapat digunakan untuk menyoroti pilihan atau penolakan. Konteks sangat penting untuk memahami makna yang dimaksud.

Penting untuk memperhatikan konteks kalimat dan tujuan komunikasi Anda ketika menggunakan “either” dan “neither” dalam bahasa Inggris agar dapat menggunakan keduanya secara benar dan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here