Pilihan Karir untuk Lulusan Kuliah Jurusan Fisika

502

Kursus Speaking Bandung – Pada dasarnya, jurusan fisika merupakan suatu program studi yang berfokus mempelajari mengenai pengetahuan alam semesta. Secara khusus, jurusan fisika ini menjadi jurusan yang akan mempelajari beragam pengetahuan mengenai materi, energi, ruang, dan waktu. Fisika merupakan cabang ilmu yang akan menjelaskan fenomena alam secara ilmiah yang menggunakan dasar hukum alam yang telah ditemukan melalui percobaan dan penelitian. 

Para lulusan kuliah dengan jurusan fisika telah dibekali dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang akan dibutuhkan untuk memahami fenomena alam secara ilmiah dan memecahkan suatu masalah melalui proses penelitian dan percobaan.

 

Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Fisika

Menginjak bangku perkuliahan dengan jurusan fisika, para mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan fisika seperti

Fisika dasar – Dalam pembelajaran tahap awal, para mahasiswa akan diperkenalkan dengan dasar dasar fisika yang meliputi gerak, dinamika, kinematika dan hal hal dasar lainnya.

Fisika atom – Pada proses pembelajaran tahap selanjutnya, para mahasiswa akan mempelajari mengenai struktur atom, energi dan juga gaya gaya yang terdapat di dalam atom. Pada mata kuliah ini, para mahasiswa akan memahami sifat sifat yang digunakan dalam berbagai peralatan dan perlengkapan seperti misalnya teknologi optik, elektronik, dan material teknik.

Fisika modern – pada pembelajaran fisika modern, para mahasiswa akan mempelajari mengenai fenomena fisika di skala mikroskopik seperti misalnya elektron, foto, dan partikel-partikel subatomik lainnya. 

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Fisika.?

Ada banyak alasan dan keuntungan bagi anda yang mengambil jurusan fisika di bangku perkuliahan. Alasan pertama adalah fisika merupakan dasar dari segala sesuatu ilmu pengetahuan sehingga mempelajarinya akan membantu memahami ilmu ilmu lainnya.

Dengan mempelajari ilmu fisika, kita akan memperoleh keterampilan matematis yang akan sangat berguna dalam berbagai bidang pekerjaan. Para sarjana lulusan fisika akan mendapatkan banyak peluang karir di berbagai bidang.

Lebinya lagi,m seorang lulusan jurusan fisika ini berkesempatan untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi terkini.

 

Prospek Kerja Lulusan Fisika

Ada banyak peluang karir yang dapat diambil oleh para sarjana lulusan jurusan fisika ini dan berikut beberapa diantaranya.

 

1. Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Dengan keahlian yang dimiliki, lulusan fisika dapat memulai bekerja sebagai seorang field engineer pada perusahaan perusahaan besar yang bergerak dibidang perminyakan dan pertambangan.

 

2. Profesor (Dosen/Pengajar)

Seorang sarjana lulusan jurusan fisika juga memiliki kesempatan untuk menjadi profesor atau dosen pengajar mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan suatu hal yang akan terus dibutuhkan sepanjang waktu guna menempa generasi yang lebih cemerlang.

Untuk menjadi seorang pengajar atau dosen fisika akan dibutuhkan wawasan ilmu fisika yang baik sebagaimana seperti hal hal yang dielajari ketika dibangku kuliah dulu, hanya saja metode pembelajaran akan terus berkembang maka dari itu terus berlatih dan mengasah kemampuan menjadi hal penting dilakukan oleh seorang pengajar jurusan fisika ini.

 

3. Data Scientist (Ilmuwan Data)

Pasalnya, seorang lulusan fisika memiliki peluang karir di segala bidang, termasuk juga sebagai Data Scientist atau ilmuan data. Seorang lulusan jurusan fisika dapat bekerja sebagai Data Scientist karena diyakini mereka memiliki daya logika tinggi dalam menganalisa berbagai data perusahaan, seperti keuangan, populasi, sebaran kostumer, dan lain lain. 

Baca juga Mengenal Jurusan Teknik Sipil dengan Peluang Karir di Bidang Konstruksi

4. Physicists (Fisikawan)

Salah satu jenis pekerjaan yang sangat disukai oleh para lulusan fisika adalah sebagai penemu atau peneliti di berbagai bidang di fisika dan bidang lain yang berhubungan. Secara garis besar, seorang lulusan jurusan fisika ini memiliki dua kemampuan baik di bidang fisika teori maupun fisika eksperimen. Maka dari itu, sarjana lulusan fisika memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai universitas maupun lembaga pusat penelitian.

Dengan gambaran karir para lulusan kuliah jurusan fisika tersebut apakah anda akan tertarik untuk mengikuti mata kuliah pelajaran fisika.? Apapun pilihan anda selama itu menjadi minat dan hobby anda, pilihlah jurusan tersebut, karena belajar yang disertai minat yang tinggi akan membawa dampak yang sangat baik untuk kedepannya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here