Mari Mengenal Istilah AM dan PM Pada Penulisan Waktu!

0
314

Pada postingan sebelumnya kita membahas perbedaan membaca waktu dalam bahasa inggris dengan menggunakan British dan American style. Nah, di postingan kali ini kita akan membicarakan cara lain untuk membaca waktu dalam bahasa inggris.

Pembacaan waktu dalam bahasa inggris kali ini membagi waktu dalam format 12 jam, yang dikenal dengan istilah AM dan PM. Untuk lebih detailnya, mari kita bahas satu persatu!

Apa itu waktu format 12 jam?

Secara umum waktu terbagi menjadi 2 format, yaitu format 24 jam dan 12 jam. Indonesia termasuk salah satu negara yang menggunakan format 24 jam. Maka dari itu setelah waktu menunjukkan pukul 12 siang, hitungan waktu pun berlanjut ke pukul 13.00 dan berakhir di 24.00.

Sementara itu untuk beberapa negara selain Indonesia, format waktu yang digunakan adalah format 12 jam. Yaitu format waktu yang hanya berlaku hingga pukul 12.00 saja, yang membedakan siang dan malam adalah istilah AM dan PM. Beberapa negara yang menggunakan format 12 jam antara lain: Amerika Serikat (AS), Inggris (UK), Australia, Pakistan, Filipina, dan masih banyak lagi.

Istilah AM dan PM
Pasti kamu akan bertanya, apa itu AM dan PM? Bagaimana cara kita membedakannya?

1. AM (Ante Meridium)
AM adalah singkatan dari Ante Meridium yang berasal dari bahasa latin dan memiliki arti ‘sebelum tengah hari’. Siklus AM dimulai dari pukul 12.00 malam hingga 11.00 siang sebelum tengah hari. Jadi kalau kamu mau menyebutkan spesifikasi waktu tanpa ada kata ‘In the morning’ atau semacam ini, kamu tinggal menambahkan AM.

Example:
I want to go to school at 06.00 AM.
Aku ingin berangkat ke sekolah pukul 06.00 pagi.

Dengan menggunakan AM di belakang jam, orang-orang akan mengerti bahwa spesifikasi waktu yang kamu maksud adalah antara tengah malam hingga sebelum tengah hari. Seperti di contoh, saat kamu ingin mengatakan jam 06.00 pagi, maka kamu tinggal tambahkan AM, maka orang akan mengerti waktu yang kamu maksud adalah di pagi hari.

2. PM (Post Meridium)
Sementara itu PM atau Post Meridium memiliki arti ‘Setelah tengah hari’. Istilah ini menunjukkan waktu yang dimulai dari 12.00 siang hingga 11.00 malam. Jadi jika kamu menggunakan PM pada waktu yang kamu maksud, itu artinya kamu mengatakan waktu dari tengah hari hingga sebelum tengah malam.

Example:
I usually dinner at 07.00 PM.
Aku biasanya makan malam jam 07.00 malam.

Setelah mengenal lebih jauh istilah AM dan PM, informasi kamu tentang cara membaca jam dalam bahasa inggris bertambahkan? Boleh dong kamu kasih contoh singkat tentang penggunaan AM dan PM di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here